Jambu Biji Bisa Menurunkan Gula Darah?

jambu-biji-doktersehat
Photo Source: Flickr/mauroguanandi

DokterSehat.Com– Gula darah bisa memberikan manfaat berupa tersedianya energi bagi tubuh. Masalahnya adalah gaya hidup yang tidak sehat bisa membuat kadar gula darah naik atau turun tak terkendali. Padahal, hal ini bisa berimbas pada masalah kesehatan yang lebih serius. Beruntung, ada sebagian orang yang menyebut konsumsi jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah ke angka yang normal. Apakah manfaat ini memang benar adanya?

Manfaat Jambu Biji bagi Kadar Gula Darah

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Daily Express, dihasilkan fakta bahwa rutin makan jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Mengonsumsinya dalam jangka panjang bahkan bisa mencegah resistensi insulin, salah satu faktor yang bisa memicu datangnya diabetes.

Ada sebagian pakar kesehatan yang menyarankan konsumsi jambu biji saat sarapan pagi, namun ada juga yang menyebut konsumsi teh daun jambu biji setelah mengonsumsi makanan bisa menurunkan kadar gula darah sekitar dua jam setelahnya. Fakta terakhir diketahui dari penelitian yang dilakukan pada 19 partisipan.

Penelitian lain yang dilakukan dengan melibatkan 20 orang dengan masalah diabetes tipe 2 juga membuktikan bahwa konsumsi teh daun jambu biji bisa menurunkan kadar gula darah hingga 10 persen. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam jambu biji berupa serat yang sangat tinggi dan bisa menurunkan berat badan. Kadar kalorinya juga sangat rendah, yakni 37 kalori. Hal ini tentu bisa membantu mengendalikan berat badan dengan efektif.

Berbagai Manfaat Sehat Jambu Biji

Selain dikonsumsi langsung, jambu biji juga cocok untuk dijadikan jus yang menyegarkan. Rutin mengonsumsinya bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Baik bagi Saluran Pencernaan

Kandungan serat di dalam jambu biji sangatlah tinggi. Di dalam satu buahnya saja bisa ditemukan sekitar 12 persen kebutuhan serat per hari. Mengonsumsinya tentu bisa membuat kesehatan pencernaan meningkat. Selain itu, ekstrak dari daun jambu biji juga dikenal bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare.

  1. Membuat Tekanan Darah dan Kolesterol Turun

Kandungan serat yang ada di dalam jambu biji juga bisa membuat kadar kolesterol jahat di dalam darah menurun. Hal ini tentu akan mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang berimbas pada menurunnya tekanan darah. Kandungan kalium di dalamnya yang tinggi juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah dengan efektif.

  1. Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Salah satu buah yang paling dicari saat musim demam berdarah menyerang Indonesia dalah jambu biji. Hal ini disebabkan oleh kemampuan buah ini dalam membuat jumlah trombosit di dalam darah meningkat. Tak hanya mengonsumsi buahnya, daun jambu biji juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Jika jumlah trombosit di dalam darah meningkat, maka masalah demam berdarah bisa segera ditangani dengan lebih cepat.

  1. Baik bagi Kesehatan Mata

Di dalam jambu biji terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Kedua vitamin ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan dan fungsi mata. Rutin mengonsumsinya juga terbukti mampu menurunkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula.

  1. Bisa Membuat Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jambu biji akan membuat sistem imun tubuh menjadi semakin kuat. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah kesehatan. Kandungan antioksidan di dalam buah ini juga sangat tinggi sehingga bisa membantu tubuh melawan berbagai macam penyebab penyakit.

 

Sumber:

  1. Widiastuti, Vika. 2019. Dimakan Saat Sarapan, Jambu Biji Bisa Bantu Turunkan Gula Darah.com/health/2019/10/23/151500/dimakan-saat-sarapan-jambu-biji-bisa-bantu-turunkan-gula-darah. (Diakses pada 23 Oktober 2019).