Terbit: 29 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan efek yang cukup besar adalah jalan kaki. Dengan melakukan jalan kaki, Anda bisa membakar lemak perlahan tanpa perlu memaksakan diri. Selain itu, jalan kaki juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja termasuk di dalam rumah dengan mengelilingi semua ruangan.

7 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas dan Risiko yang Bisa Terjadi

Jalan Kaki Tanpa Alas

Saat jalan kaki biasanya seseorang menggunakan sandal atau sepatu agar lebih nyaman. Sekarang kalau jalan kakinya tidak mengenakan alas bagaimana? Apakah ada efek samping yang akan dirasakan oleh tubuh? Manfaat tentu saja ada, tapi risiko juga bisa saja muncul.

Anda bisa melakukan jalan kaki dengan atau tanpa alas. Sesuaikan dengan kebutuhan dan juga lokasi. Kalau memang tidak memungkinan untuk nyeker, ada baiknya untuk tidak dilakukan karena memaksakan diri tidak baik untuk kesehatan. Simak ulasan manfaat dan risiko jalan kaki tanpa alas di bawah ini.

Berbagai Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas

Jalan kaki tanpa menggunakan alas atau barefoot ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri di Tubuh

Melakukan jalan kaki tanpa menggunakan alas ternyata bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit pada tubuh. Inflamasi yang terjadi pada tubuh bisa sedikit dihilangkan sehingga Anda bisa lebih nyaman saat melakukan banyak hal karena kondisi seperti nyeri otot tidak akan terjadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Rasa nyeri pada tubuh biasanya dipicu kadar kortisol yang berlebihan. Saat jalan kaki tanpa menggunakan sandal, kadar kortisol di dalam tubuh jadi menurun sehingga kemungkinan Anda mengalami sakit berlebihan di seluruh tubuh atau bagian tubuh yang sering digunakan akan kecil.

  1. Tidur Bisa Lebih Nyenyak

Salah satu penyebab utama dari gangguan tidur adalah tubuh yang tidak terlalu sehat. Selain itu kadar kortisol yang berlebihan juga bisa membuat seseorang menjadi lebih terjaga sehingga kualitas tidur menjadi terus anjlok setiap harinya.

Kalau Anda sering mengalami gangguan tidur seperti insomnia, jalan kaki merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal itu. Seperti halnya dengan olahraga, jalan kaki tanpa alas pun juga bisa membuat Anda jadi mudah sekali berkeringat dan peredaran darah di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meski hanya jalan kaki saja dan tidak terlalu intens, daya tahan tubuh akan meningkat cukup signifikan. Kondisi ini akan semakin membaik kalau dibarengi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup bergizi setiap harinya.

Cara terbaik untuk membiasakan diri jalan kaki tanpa alas kaki adalah dengan melakukannya 10-15 menit setiap pagi. Selanjutnya, tingkatkan durasi waktunya hingga bisa mencapai 30 menit.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dan daya tahan juga meningkat. Risiko terkena penyakit jantung juga jadi rendah. Hal ini bisa terjadi karena tubuh terus bergerak dan peredaran darah berjalan dengan lebih lancar dari sebelumnya.

Kemungkinan terjadi obesitas juga semakin rendah sehingga gangguan kardiovaskular semakin ditekan. Kalau Anda tidak sempat jalan kaki di luar, lakukan dengan mengelilingi rumah atau jalanan di depan rumah dan bolak-balik selama beberapa kali.

  1. Menghilangkan Stres

Stres di tubuh dipengaruhi oleh kortisol. Kalau kadar hormon stres itu naik, tubuh akan sering mengalami gangguan seperti tidak nyaman dalam melakukan banyak hal dan mudah mengalami perubahan mood.

Dengan hanya melakukan jalan tanpa alas setiap hari bisa menyebabkan Anda sehat. Bahkan, tanpa bantuan obat sekalipun, kondisi fisik dan mental perlahan-lahan akan terbantu.

  1. Membantu Meringankan Sakit Saat Menstruasi

Rasa sakit saat menstruasi biasanya dipengaruhi oleh kortisol dan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Akibatnya tubuh akan sering merasakan sakit khususnya saat PMS muncul.

  1. Meningkatkan Level Energi

Terkadang kita selalu menganggap remeh hal-hal sederhana seperti jalan kaki tanpa alas. Meski terlihat sederhana saja, level energi pada tubuh bisa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, dengan membiasakannya setiap hari, Anda jadi semangat untuk melakukan kegiatan setiap pagi.

Selama ini kita selalu menganggap kalau melakukan olahraga di pagi hari bisa membuat tubuh jadi lelah. Padahal tubuh yang lelah setelah olahraga akan membuat Anda jadi lebih segar setelahnya. Apalagi kalau sudah mandi dan sarapan dengan makanan yang sehat. Anda bisa selalu semangat dan seperti tidak pernah kehabisan energi

Berbagai Risiko Jalan Kaki Tanpa Alas

Jalan kaki tanpa menggunakan alas juga memiliki risiko dan efek samping. Berikut beberapa efek samping yang akan dialami sehingga kita harus melakukan jalan kaki dengan benar.

  • Mengalami infeksi dari bakteri atau mungkin cacing yang ada di tanah kotor. Kemungkinan ini ada dan cukup besar kalau Anda jalan kaki di kawasan yang kotor dan becek seperti yang penuh dengan lumpur dan kotoran.
  • Kalau Anda memiliki alergi dengan kotoran atau sesuatu yang kotor akan cepat menyebabkan masalah pada tubuh.
  • Kalau melewati kawasan yang berbatu dan terjal, kemungkinan terjadi gangguan seperti cedera akan besar. Beberapa orang mungkin tidak masalah dengan rasa sakit, tapi yang memiliki toleransi kecil pada rasa sakit akan kesusahan.
  • Pada beberapa kondisi kaki tidak akan mampu menyangga tubuh bagian atas dengan sempurna, berbeda kalau di bagian bawah ada alasnya. Nah, ada kemungkinan terjadi gangguan pada tulang dan otot kalau jalan kaki yang dilakukan terlalu lama.
  • Terkena benda tajam dan berkarat. Benda tajam seperti pecahan kaca bisa menyebabkan luka yang cukup besar pada tubuh. Bahkan, kemungkinan terjadi perdarahan juga besar. Kalau seseorang terkena paku atau logam berkarat juga bisa menyebabkan mereka mengalami tetanus.

Demikian ulasan tentang jalan kaki sehat tanpa menggunakan alas. Nah, dari beberapa manfaat dari jalan kaki di atas, adakah yang paling banyak memberikan dampak baik untuk kesehatan?

 

 

Sumber:

  1. Lindberg, Sara. 2018. Does Walking Barefoot Have Health Benefits?. https://www.healthline.com/health/walking-barefoot. (Diakses pada 29 November 2019)
  2. Anonim. 10 Surprising Health Benefits of Walking Barefoot. https://www.powerofpositivity.com/10-surprising-health-benefits-of-walking-barefoot/. (Diakses pada 29 November 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi