Terbit: 20 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diabetes terjadi karena tubuh mengalami lonjakan kadar gula darah akibat tidak mampunya tubuh memproduksi hormon insulin dengan cukup. Jika hal ini terjadi, maka gula darah atau glukosa tidak benar-benar bisa diproses menjadi energi. Menumpuknya kadar gula darah inilah yang kemudian menyebabkan diabetes muncul.

Jalan Kaki Setelah Makan Bisa Cegah Diabetes

Dikutip dari Boldsky, diabetes seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak kalori, terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan gula, dan malas berolahraga. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan tetap sehat dengan kadar gizi yang seimbang serta rajin berolahraga.

Tips lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah diabetes adalah dengan rajin berjalan kaki sebentar setelah makan, khususnya setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat.

“Dalam penelitian yang kami lakukan, berjalan kaki setelah makan bisa membuat kadar gula darah menurun hingga 12-24 persen. Hal ini berpengaruh besar dalam upaya pencegahan diabetes. Selain itu, ada baiknya kita juga menghilangkan gaya hidup kurang gerak dan semakin rajin berolahraga,” ucap peneliti Andrew Reynolds dari University of Otago, Selandia Baru.

“Kandungan glukosa dalam makanan yang kaya karbohidrat bisa meningkatkan diabetes, karena alasan inilah kita sebaiknya melakukan gerakan olahraga untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh,” lanjutnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Selain memicu diabetes, kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh juga bisa memicu kenaikan berat badan atau bahkan obesitas. Padahal, obesitas bisa berlanjut menjadi penyakit yang jauh lebih serius seperti stroke atau penyakit jantung sehingga memang sebaiknya kita cegah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi