Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya dengan menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, ada baiknya kita juga mempertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan alami demi mencegah datangnya diabetes. Salah satu bahan alami tersebut adalah jahe.

Jahe, Bahan Alami Untuk Mengatasi dan Mencegah Diabetes

Dikutip dari Health News, sebuah penelitian terbaru berhasil membuktikan dampak luar biasa dari konsumsi jahe yang mampu melawan diabetes. Dalam penelitian ini, 70 penderita diabetes dilibatkan dan dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk mengonsumsi pil plasebo dengan dosis 1.600 mg dan kelompok lainnya diminta untuk mengonsumsi jahe sebanyak 1.600 mg setiap hari.

Kedua kelompok ini terus dicek kondisi kesehatannya, khususnya dalam hal kadar gula darah, lemak darah, alfa faktor tumor nekrosis, prostaglandin E2, dan protein C-reaktif sejak awal hingga akhir penelitian.

Hasilnya adalah, kelompok penderita diabetes yang mengonsumsi jahe cenderung mampu menurunkan berbagai parameter kesehatan, termasuk glukosa, resistensi insulin, kolesterol total, trigliserida, hingga peradangan dalam tubuh. Kemampuan gula dalam merusak sel darah merah dalam tubuh mereka juga cenderung menurun sehingga risiko untuk terkena komplikasi juga bisa ditekan.

Tak hanya jahe, bahan alami seperti kunyit juga bisa mencegah datangnya masalah diabetes dengan efektif. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Thailand, disebutkan bahwa orang-orang dengan kondisi pre-diabetes berhasil mencegah perkembangan penyakit ini menjadi masalah diabetes karena rutin mengonsumsi bahan alami ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai rutin mengonsumsi bahan alami ini setiap hari. Untungnya, memasukkan jahe atau kunyit dalam makanan dan minuman sehari-hari sangatlah mudah untuk dilakukan mengingat kita kerap menjadikannya sebagai bumbu pelengkap makanan. Selain itu, kita juga bisa dengan rutin mengonsumsi minuman jahe yang hangat dan nikmat untuk dikonsumsi.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi