Terbit: 27 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seperti yang Anda ketahui bahwa vagina merupakan salah satu organ tubuh wanita yang harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Dalam membersihkan vagina tidak boleh dengan cara yang sembarangan, karena vagina merupakan organ yang sangat sensitif.

Jaga Kesehatan Vagina Hanya dengan Menggunakan Susu

Photo Credit : pexels.com

Sayangnya, tidak sedikit wanita yang masih belum bisa menjaga kesehatan vagina dengan benar. Mereka kerap menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia seperti parfum untuk membersihkan vagina, padahal penggunaan produk tersebut dapat membahayakan kesehatan vagina sendiri.

Membersihkan vagina memang tidaklah mudah, Anda harus menggunakan cara yang aman dan menggunakan bahan alami untuk bisa membersihkan vagina tanpa harus mengganggu kesehatannya. Cara aman yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan vagina adalah dengan cara ratus atau pengasapan, umumnya ini dilakukan di salon kecantikan. Namun, jika Anda ingin membersihkan vagina dengan cara yang mudah dan murah, Anda bisa menggunakan air rebusan sirih.

Selain daun sirih, bahan alami lain yang dapat digunakan untuk membersihkan vagina dengan aman, yaitu susu. Susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda pasti setuju jika kandungan nutrisi yang ada di dalam susu memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan tulang, sehingga bisa terhindar dari penyakit tulang seperti tulang keropos.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Ternyata, manfaat susu bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh dan tulang saja, melainkan juga bisa untuk menjaga kesehatan vagina. Lantas, mengapa susu bisa menjaga kesehatan vagina? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dokter spesialis di RSCM menunjukkan bahwa susu terbukti dapat mengurangi berbagai keluhan pada vagina, seperti gatal-gatal, terasa panas, hingga keputihan. Hal ini dikarenakan susu mengandung laktoserum dan asam laktat.

Dengan mengetahui manfaat susu untuk menjaga kesehatan di atas, buakan berarti Anda harus membersihkan vagina Anda dengan susu secara langsung. Anda bisa membeli produk pembersih vagina yang mengandung ekstrak susu dan banyak dijual di apotek. Namun, Anda harus memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut, jangan sampai ada bahan kimia agar tidak membahayakan kesehatan vagina Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi