Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan 5 Makanan Ini

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan paru-paru bisa kita lakukan dengan menghindari polusi, baik debu, asap kendaraan atau rokok. Selain itu kesehatan paru-paru juga akan semakin terjaga dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk paru-paru.

Lalu apa sajakah makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru? Inilah lima makanan yang paling baik kita konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru, dilansir dari Health.com:

1. Flaxseed

Biji rami ini memiliki kandungan asam omega-3 yang tinggi. Omega 3 telah diteliti memiliki kandungan yang baik untuk paru-paru. Selain itu kandungan magnesium yang tinggi pada flaxseed terbukti mampu merelaksasi otot di sekitar bronkus sehingga jalur pertukaran udara semakin lancar.

2. Kopi

Kandungan kafein pada kopi mampu memberi efek bronkodilator yang mampu meningkatkan aliran udara pada paru-paru. Kondisi ini tentu sangat baik untuk mendukung fungsi organ paru. Manfaat tersebut akan nampak setelah empat jam mengonsumsi kopi.

3. Wortel

Seperti yang kita ketahui wortel memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang mampu berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan pada wortel mampu mendukung pencegahan berbagai penyakit termasuk pada paru-paru. Pigmen warna pada buah wortel disebut sangat baik dikonsumsi penderita asma.

4. Melon

Anda penggemar buah melon? Kandungan vitamin C pada buah melon mampu melawan radikal bebas. Sama seperti wortel, melon dianjurkan dikonsumsi untuk mengatasi kondisi asma.

5. Apel

Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi apel lebih dari 3 butir dalam sehari memiliki risiko 32% lebih rendah mengalami gangguan pada paru-parunya misalnya asma. Selain itu kandungan antioksidan flavonoid yang memiliki senyawa khellin disebut mampu melancarkan aliran udara pada paru-paru.

Nah, dari lima bahan makanan di atas, mana makanan yang paling sering Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda?