Terkena Kanker Usus, Istri Ustaz Maulana Meninggal

ustad-maulana-doktersehat

DokterSehat.Com– Istri Ustaz Maulana, Nur Aliyah (41) meninggal dunia pada Minggu (20/1/2019). Sang ustad yang dikenal dengan kalimat “Jamaah oh Jamaah” ini menyebut istrinya meninggal karena menderita kanker usus. Bahkan, istrinya disebut-sebut sudah cukup lama menderita penyakit ini.

Kanker usus berada di dekat anus

Saat diwawancarai di RS Bhayangkara, Makassar, Sulawesi Selatan, tempat istrinya dirawat sebelum mengembuskan napasnya yang terakhir, Ustad Maulana menceritakan tentang kondisi istrinya.

“Sebenarnya sakitnya baru terdeteksi pada bulan Ramadan tahun lalu. Saat itu sudah benar-benar drop sehingga tidak bisa dibawa ke Jakarta. Saat bulan Muharram baru masuk ke RS Ibnu Sina. Saat itu baru terdeteksi ada kanker usus, letaknya di dekat anus,” ceritanya.

Sayangnya, kanker usus yang diderita Nur Aliyah sudah sangat parah dan telah mencapai paru-paru. Pihak rumah sakit bahkan sampai melakukan tindakan pengeluaran cairan dari organ pernapasannya. Pada Minggu (20/1) pukul 15.00 WITA, kondisi Nur Aliyah kembali drop. Dua setengah jam kemudian, tepatnya pada pukul 17.30 WITA, ia mengembuskan napasnya yang terakhir.

“Dokter biang kankernya sudah merembet sampai ke paru-paru dan harus dikeluarkan cairan yang memenuhinya. Saya tanda tangan untuk prosedur pengeluaran cairan ini pukul 13.00. Tapi pukul 15.00 drop dan kemudian meninggal pukul setengah enam,” jelas Ustad Maulana.

Sempat akan dibawa ke Malaysia

Sebenarnya, Ustad Maulana sempat berencana untuk membawa istrinya ke rumah sakit di Malaysia, namun sebelum bisa melakukannya, ia harus merelakan pendampingnya selama sepuluh tahun terakhir ini.

“Sepertinya memang Allah sudah mengatur semua ini. Saya sudah berencana untuk membawanya ke Malaysia, tapi kondisinya harus diperbaiki dulu di Makassar. Tapi sudah tidak sempat,” katanya.

Gejala kanker usus yang harus diwaspadai

Pakar kesehatan menyebut kanker usus sebagai salah satu penyakit yang cenderung tidak mudah dideteksi karena seringkali tidak akan memberikan sensasi nyeri. Meskipun kanker usus seringkali terjadi pada mereka yang sudah berusia lansia, kini kasusnya juga semakin banyak menyerang mereka yang berusia produktif atau yang berusia muda. Hanya saja, sebuah penelitian menyebutkan bahwa satu dari tiga gejala utama dari kanker usus ini biasanya akan dialami oleh penderitanya.

Berikut adalah gejala-gejala dari kanker usus

  1. Buang air besar terus-menerus

Selain diare, kanker usus ternyata juga bisa menyebabkan gejala buang air besar terus-menerus yang membuat penderitanya terus bolak-balik ke toilet. Kotoran juga cenderung menjadi lebih encer. Selain itu, saat buang air besar juga biasanya disertai dengan nyeri perut.

  1. Kembung

National Heart Service Inggris, menyarankan orang yang merasakan gejala nyeri perut atau perut kembung yang terus terjadi selama lebih dari empat pekan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter karena seringkali terkait dengan kanker usus.

  1. Perdarahan saat buang air besar

Tak hanya wasir atau ambeien, darah yang bercampur dengan tinja juga seringkali terkait dengan kanker usus. Apalagi jika hal ini terus terjadi setiap kali buang air besar.

Beberapa gejala lain yang mungkin terjadi pada penderita kanker usus adalah penruunan berat badan secara drastis dan tubuh yang lelah dengan berlebihan.

Beberapa faktor penyebab munculnya kanker usus

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa faktor pemicu datangnya kanker usus, namun seringkali hal ini terkait dengan gaya hidup yang buruk. Sebagai contoh, jika kita terkena masalah obesitas atau kelebihan berat badan dan selalu menerapkan pola makan yang buruk seperti kurang serat namun sering mengonsumsi makanan seperti daging berlemak atau daging olahan, maka risiko untuk terkena penyakit ini akan meningkat. Kebiasaan lain yang bisa memicu kanker usus adalah jarang berolahraga, hobi merokok, dan minum alkohol.