Baru Menikah 2 Bulan, Istri Dibakar Suami di Surabaya. Kondisinya?

luka-bakar-parah-doktersehat

DokterSehat.Com– Istri bernama Putri (25) dibakar hidup-hidup oleh suaminya, Purwanto (45) di sebuah rumah kos yang ada di Jl. Kelintang Baru II, Surabaya. Meski selamat, Putri mengalami luka bakar yang cukup parah. Ironisnya, pasangan ini ternyata baru dua bulan menikah.

Istri Dibakar Hidup-Hidup oleh Suaminya di Surabaya

Saksi mata menyebut tidak tahu bagaimana proses Purwanto membakar istrinya sendiri. Hanya saja, sebelum Putri berteriak karena terbakar, pasangan suami istri tersebut bertengkar hebat. Warga sekitar pun langsung berusaha membakar api yang melahap wanita malang terebut.

Saksi menyebut Putri dan Purwanto sudah tidak tinggal serumah selama beberapa hari. Putri baru saja kembali ke rumah kos tersebut pada Selasa, 15 Oktober 2019. Hanya saja, sesampainya di sana, ia justru menjadi korban kekerasan oleh suaminya.

Putri langsung dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya. Setelahnya, ia dirawat secara intensif di ruang IGD RSU dr. Soetomo, Surabaya. Sementara itu, suaminya diketahui kabur dengan menggunakan sepeda motor setelah melakukan aksi tak terpuji ini.

Kondisi Istri yang Dibakar oleh Suaminya

Dokter yang menangani Putri, dr. Pesta Parulian menyebut Putri kehilangan cairan dalam jumlah yang cukup banyak akibat luka bakar yang cukup parah. Hanya saja, ia masih bisa diajak berkomunikasi.

“Sebelumnya pasien kami tidurkan karena ada dugaan luka bakarnya mencapai saluran pernapasan. Kami berusaha untuk mengamankan saluran pernapasannya dan mengecek seberapa parah luka bakar yang dialaminya,” ucap dr. Pesta.

Dr. Pesta menyebut luka bakar yang dialami Putri memang terlihat cukup parah, khususnya di bagian wajah, dada, lengan kanan dan kiri, hingga kaki bagian kiri.

“Hingga saat ini kami perkirakan luka bakarnya melebihi 16 persen. Hanya saja, hal ini bisa saja berubah setelah proses debridement atau pencucian luka,” terangnya.

Proses pencucian luka tak hanya untuk mengecek seberapa parah luka bakar yang diderita. Melainkan juga untuk mencegah infeksi. Hal ini disebabkan oleh luka bakar yang sudah sampai melepuh dan menggelembung. Meskipun begitu, dr. Pesta jauh lebih mengkhawatirkan kondisi saluran pernapasan Putri.

“Saya lebih mengkhawatirkan kondisi saluran pernapasannya. Kalau sampai menghirup api, bisa saja paru-parunya mengalami kerusakan atau pembengkakan,” ucap dr. Pesta.

Belum jelas apakah nantinya akan menjalani proses operasi plastik atau pencangkokan kulit. Ia dan tim dokter masih menunggu hasil pembersihan luka untuk menentukan langkah-langkah apa yang nanti bisa dilakukan.

Jenis Luka Bakar

Pakar kesehatan menyebut secara umum ada tiga derajat luka bakar yang bisa kita pelajari. Berikut adalah jenis luka bakar tersebut.

  1. Luka Bakar Derajat Satu

Luka bakar derajat satu hanya terjadi di bagian kulit paling luar atau paling ringan. Luka bakar ini cenderung mudah untuk ditangani dengan gejala kulit menjadi kemerahan, membengkak, nyeri namun tidak begitu parah, dan saat akan sembuh akan mengelupas dengan sendirinya.

Penanganan luka ini cenderung mudah, yakni menggunakan air dingin yang mengalir atau menggunakan salep antibiotik.

  1. Luka Bakar Derajat Dua

Luka bakar ini sudah menembus lapisan epidermis sehingga bisa membuat kulit melepuh dan terasa sangat perih. Terkadang, hal ini juga membuat munculnya nanah. Penanganan luka bakar ini bisa dilakukan dengan air dingin yang dialirkan selama 15 menit dan kemudian menutupnya dengan kasa. Luka bakar ini sebaiknya diperiksakan ke dokter demi mencegah infeksi.

  1. Luka Bakar Derajat Tiga

Luka bakar ini bisa merusak jaringan subkutan pada kulit. Luka bakar ini sangatlah parah dan harus segera diperiksakan ke dokter demi mendapatkan penanganan yang serius karena bisa saja membuat korban kehilangan nyawa.

 

Sumber:

  1. Fatwalloh, Yuana. 2019. Terlibat Cekcok, Suami di Surabaya Bakar Istri. kumparan.com/@kumparannews/terlibat-cekcok-suami-di-surabaya-bakar-istri-1s3ionhzgxq?utm_medium=post&utm_source=Twitter&utm_campaign=int. (Diakses pada 16 Oktober 2019).
  2. Dewanti, Tatiana. 2019. Luka Bakar Istri Dibakar Suami Menggelembung, Tim Dokter Lakukan Pencucian. news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4746979/luka-bakar-istri-dibakar-suami-menggelembung-tim-dokter-lakukan-pencucian. (Diakses pada 16 Oktober 2019).