Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Istri aktor senior Ari Wibowo, Inge Anugerah dikabarkan mengalami keracunan setelah mengonsumsi steak ayam di sebuah restoran. Seperti apa steak ayam ini sehingga bisa memicu keracunan makanan?

Makan Steak, Istri Ari Wibowo Masuk Rumah Sakit

Dilansir dari berbagai media, steak yang dikonsumsi oleh istri Ari Wibowo diduga tidak dimasak hingga benar-benar matang. Padahal, pakar kesehatan berkali-kali menyebutkan bahwa semua jenis daging harus dimasak hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Meskipun daging setengah matang memiliki rasa yang lebih nikmat, hal ini bisa memicu keracunan karena masih ada banyak bakteri salmonella yang hidup pada daging tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Times of India, para peneliti mengecek kondisi daging ayam broiler mentah. Hasilnya, didapatkan fakta bahwa 97 persen dari daging tersebut memiliki bakteri berbahaya sehingga bisa dipastikan bahwa daging ayam memang harus dimasak hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Jika kita sampai mengonsumsi daging ayam mentah atau daging yang hanya dimasak setengah matang, maka bakteri-bakteri yang masih hidup di dalam daging ini akan memasuki saluran pencernaan dan akhirnya menyebabkan keracunan.

Istri Ari Wibowo akhirnya harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami gejala perut mulas, mual-mual, dan muntah. Tubuhnya juga semakin lemas setelah mengonsumsi steak tersebut. Inge hingga kini masih dirawat di rumah sakit selama 3 hari demi memulihkan kondisi kesehatannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Melihat kasus yang dialami istri Ari Wibowo, pastikan untuk selalu memasak daging apapun hingga matang dan pesanlah steak yang dimasak hingga benar-benar matang demi mencegah keracunan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi