5 Jenis Makanan yang Bisa Mengiritasi Kandung Kemih

iritasi-kandung-kemih-doktersehat

DokterSehat.Com – Kandung kemih adalah organ yang berada di dekat organ reproduksi pria atau wanita. Organ ini berguna untuk menampung urine sebelum akhirnya dikeluarkan dalam jumlah banyak. Kalau kandung kemih mengalami gangguan, proses pengeluaran urine akan terganggu. Anda mungkin akan mengalami anyang-anyangan dan sakit saat buang air kecil.

Salah satu gangguan yang paling sering dialami oleh kandung kemih adalah iritasi. Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi dari luar atau makanan. Apa yang masuk ke dalam tubuh juga memengaruhi kesehatan kandung kemih sehingga Anda harus memperhatikannya.

Makanan yang mengiritasi kandung kemih

Ada beberapa makanan yang menyebabkan kandung kemih mengalami iritasi, makanan itu terdiri dari:

  1. Produk olahan tomat

Tomat memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Namun, mereka yang sering alami anyang-anyangan atau beser, rasa asam dari tomat justru membuat kondisi itu semakin parah.

Hindari makanan-makanan yang mengandung olahan tomat seperti saus tomat, pizza, pasta, dan makanan lainnya. Lebih baik mengonsumsi makanan lain dengan bahan yang lebih ramah dengan kandung kemih.

  1. Kopi dan teh

Kalau Anda sering mengalami gangguan pada kandung kemih dan tidak ingin mengalami iritasi lagi, hindari kopi dan teh. Lebih baik minum air putih dalam jumlah banyak dan minuman lain yang tidak terlalu manis dan juga asam.

Iritasi pada kandung kemih kerap membuat Anda tidak nyaman. Setelah buang air kecil, perasaan ngilu dan ingin kencing akan kembali lagi. Kondisi ini akan bertahan selama berjam-jam hingga semalaman kalau tidak segera diatasi.

  1. Buah yang terlalu asam

Buah yang terlalu asam seperti jeruk, stroberi, dan lemon akan membuat kandung kemih mengalami gangguan. Kinerjanya akan terhambat dan sering memberikan sinyal palsu ke otak.

Seharusnya kandung kemih yang belum penuh tidak memberi tanda ingin segera ke kamar kecil. Namun, zat asam membuat Anda sering rasakan nyeri dan buru-buru ingin mengeluarkan urine padahal jumlahnya tidak banyak.

  1. Cokelat

Cokelat biasanya dikonsumsi dalam bentuk permen, minuman, hingga kue. Mengonsumsi cokelat akan memberikan efek nyaman yang besar. Namun, mereka yang memiliki masalah dengan kandung kemihnya akan mendapatkan masalah berupa iritasi dalam beberapa jam ke depan.

  1. Minuman keras

Minuman keras yang mengandung alkohol adalah larangan. Kalau sudah memiliki gangguan pada kandung kemih, minuman keras tidak boleh dikonsumsi. Sedikit saja minuman itu masuk ke dalam tubuh, anyang-anyangan bisa muncul.

Penyebab lain gangguan kandung kemih

Penyebab lain dari gangguan ini adalah penyakit yang menyerang beberapa sistem saraf seperti stroke, multiple sclerosis, dan Parkinson. Selanjutnya kerusakan saraf juga bisa menyebabkan gangguan yang sama. Kerusakan ini bisa terjadi karena ada trauma di tulang belakang, pelvis, dan perut.

Selanjutnya kondisi bernama diabetes neuropathy juga menyebabkan kondisi yang serupa. Terakhir, infeksi yang ada di otak dan tulang belakang juga mengganggu koordinasi dengan kandung kemih sehingga sering sebabkan gangguan.

Cara mengatasi iritasi kandung kemih

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan juga mencegah kondisi anyang-anyangan dan iritasi pada kandung kemih, berikut selengkapnya:

  • Lakukan kompres air hangat pada area pelvis dan bawah perut.
  • Jangan minum banyak air putih untuk beberapa saat.
  • Hindari mengonsumsi minuman dengan kandungan kafeina dan juga asam dalam jumlah banyak.
  • Makanan yang sehat dan perbanyak serat. Sembelit juga bisa memicu kondisi ini.

Inilah ulasan tentang penyebab iritasi pada kandung kemih dan beberapa cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.