Terbit: 10 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Internet cepat buat apa? Jika kita mendapatkan pertanyaan ini, jawaban kita tentu saja adalah kemudahan mengakses berbagai situs atau mendapatkan berbagai hal dari internet.

Internet Cepat Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur

Dalam realitanya, kecepatan internet kini bisa mendukung pekerjaan atau bahkan membuat seseorang mendapatkan hiburan dengan lebih mudah. Yang tidak disangka adalah, kecepatan internet ternyata juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kita.

Dilansir dari Daily Mail, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Bocconi University, Milan, Italia, dan dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Economic Behaviour and Organization, dihasilkan fakta bahwa orang-orang dengan jaringan internet yang cepat di dalam rumah cenderung tidur dengan durasi 25 menit lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang yang memiliki jaringan internet yang lebih lambat.

Tak hanya durasi waktu tidur, tingkat kelelahan dan kepuasan tidur juga dipengaruhi oleh kecepatan internet. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan orang yang memiliki internet cepat untuk menghabiskan waktu yang lebih banyak dengan gadget yang dipakainya. Tak hanya mengecek media sosial, mereka juga lebih tertarik untuk bermain games atau berselancar di berbagai situs hingga larut malam.

Durasi waktu tidur berkurang, otomatis kita pun akan merasa lebih mudah lelah dan kurang bugar saat bangun keesokan paginya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

“Godaan dunia digital bisa membuat kita tidur lebih malam. Hal ini membuat durasi tidur kita menurun dan akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh dengan signifikan,” ungkap pemimpin penelitian, Francesco Billari.

Melihat adanya dampak ini, jika memang kita tidak membutuhkan internet cepat untuk keperluan pekerjaan, alangkah lebih baik memiliki akses internet yang biasa saja demi memastikan waktu tidur malam tetap berkualitas dan baik bagi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi