Terbit: 17 November 2017 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Untuk memastikan Anda bisa minum trifluoperazine dengan benar, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi lain berikut ini:

Trifluoperazin – Interaksi dengan Kondisi Tubuh dan Cara Minum

Beritahu dokter Anda jika Anda terkena panas atau dingin yang ekstrem, atau terpapar insektisida saat Anda menggunakan trifluoperazine.

Mengkonsumsi obat antipsikotik selama 3 bulan terakhir kehamilan dapat menyebabkan masalah pada bayi baru lahir, seperti gejala putus obat, masalah pernapasan, masalah makan, fussiness, tremor, dan otot lemas atau kaku. Namun, Anda mungkin memiliki gejala putus obat atau masalah lain jika Anda berhenti minum obat selama kehamilan. Jika Anda hamil saat mengkonsumsi trifluoperazine, jangan berhenti minum tanpa saran dari dokter Anda.

Trifluoperazine bisa masuk ke ASI dan bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter Anda apakah Anda sedang menyusui bayinya.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memberikan obat ini kepada anak yang telah menderita demam atau gejala flu.

Bagaimana seharusnya saya mengkonsumsi trifluoperazine (Stelazine)?
Ambil persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda. Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik.

Hubungi dokter Anda jika gejala Anda tidak membaik, atau jika gejala menjadi bertambah parah saat menggunakan trifluoperazine.

Jika Anda perlu melakukan pemeriksaan sinar-X (foto rongten) atau pemeriksaan CT scan untuk kolumna-tulang belakang dan Anda menggunakan pewarna yang disuntikkan ke pembuluh darah, Anda mungkin perlu menghentikan sementara penggunaan trifluoperazine. Pastikan dokter tahu sebelumnya bahwa Anda menggunakan obat ini.

Trifluoperazin – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi