7 Cara Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

tidur-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Mendapatkan kehamilan adalah impian semua orang yang ingin didapatkan setelah menikah. Sayangnya, menjalani kehamilan tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak sekali gangguan pada tubuh yang menyebabkan wanita merasa tidak nyaman dan tersiksa. Salah satu gangguan itu adalah susah tidur atau insomnia yang membuat wanita tidak nyaman dan mudah sakit.

Penyebab insomnia pada wanita hamil

Insomnia pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini. Tidak semua wanita mengalaminya, tapi sekitar 65 persen wanita mengalaminya khususnya saat trimester ketiga kehamilan. Berikut beberapa penyebab insomnia.

  • Kelelahan yang terjadi secara berlebihan. Wanita yang sedang hamil tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik terlalu besar. Kalau Anda melakukan aktivitas fisik terlalu besar, kaki akan mudah lelah. Saat akan istirahat di malam hari, kaki akan nyeri dan mengganggu jam tidur.
  • Sering mengalami beser atau kebelet buang air kecil secara berlebihan membuat wanita akan sering bangun di malam hari. Kalau dalam satu jam bisa beser selama 2-3 kali, kualitas tidur akan anjlok. Bahkan, beberapa wanita jadi susah tidur lagi.
  • Salah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Makanan dan minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan pola tidur jadi terganggu. Ibu akan sulit sekali tidur di malam hari. Selain itu, janin juga akan bereaksi jika terkena kafein. Akhirnya mereka lebih aktif dan membuat wanita semakin susah tidur.
  • Pergerakan dari janin. Kalau janin bergerak lebih aktif di malam hari, wanita akan merasakan sakit yang sangat intens. Rasa sakit ini akan membuat mereka susah tidur di malam hari.
  • Susah menentukan posisi tidur yang nyaman. Mau miring ke kiri, kanan, atau tidur terlentang terasa sakit dan susah napas. Akhirnya wanita mengalami insomnia dan baru bisa tidur kalau rasa kantuknya tidak bisa ditahan lagi.

Cara mengatasi insomnia pada wanita hamil

Kalau Anda sedang hamil dan mengalami beberapa masalah di atas, ada baiknya untuk menyimak beberapa cara di bawah ini. Kalau Anda tidak bisa mengatasi insomnia kualitas tidur akan menurun dan berbahaya pada ibu dan janin di rahimnya.

  1. Membentuk siklus circadian yang benar

Selalu pastikan siklus tidur yang Anda miliki berjalan dengan lancar. Dengan siklus tidur yang berjalan dengan lancar, Anda bisa langsung mengantuk begitu jamnya tiba. Misal Anda membiasakan diri untuk tidur setiap pukul 21.00 setiap harinya. Mendekati pukul 21.00, tubuh akan mulai lelah dan kantuk susah ditahan.

Kalau Anda membiasakan diri untuk tidur sangat lama, begitu hamil akan terus mengalaminya. Padahal wanita hamil butuh istirahat lebih banyak mengingat rasa lelah wanita hamil lebih besar. Apalagi saat sedang hamil tua tubuh terasa sangat berat

  1. Mengonsumsi makanan yang memicu kantuk

Kalau kantuk belum juga muncul, yang bisa Anda lakukan adalah memicu rasa kantuk itu muncul. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Anda bisa makan sebelum tidur atau saat rasa kantuk tidak kunjung muncul padahal jam tidur sudah datang.

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat seorang wanita hamil mudah mengantuk terdiri dari kacang almond atau kacang mede. Pisang dan keju juga membuat rasa kantuk cepat muncul. Kombinasikan beberapa makanan itu dengan segelas susu hangat yang membuat perut jadi kenyang dan nyaman.

  1. Lakukan relaksasi

Wanita yang sedang hamil besar akan memiliki kadar kortisol yang tinggi. Kadar kortisol memicu stres yang berlebihan pada tubuh. Dampaknya, wanita hamil akan sulit sekali untuk tidur di malam hari, apalagi kondisi fisiknya sedang tidak nyaman.

Kalau Anda tidak bisa tidur di malam hari dan sering dipicu oleh kondisi stres. Ada baiknya untuk segera melakukan relaksasi. Beberapa cara relaksasi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan yoga dan meditasi. Olah napas juga bisa dilakukan untuk membuat tubuh tenang dan rasa kantuk muncul.

  1. Membaca buku

Coba baca buku dengan santai hingga rasa kantuknya muncul. Letakkan buku di dekat bantal agar sewaktu-waktu bisa membaca. Oh ya, jangan sesekali membaca dari laptop karena cahaya yang berlebih bisa membuat rasa kantuk hilang.

  1. Mandi dengan air hangat

Cara termudah yang bisa dilakukan agar Anda bisa tidur dengan nyenyak, tapi jarang dilakukan adalah mandi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat, Anda bisa membuat tubuh jadi lebih relaks. Kalau tubuh sudah sangat relaks, Anda bisa tidur dengan lebih cepat.

  1. Melakukan aktivitas seperti biasa

Lakukan aktivitas seperti biasa saja, tapi jangan berlebihan seperti angkat barang. Dengan melakukan beberapa aktivitas seperti biasa, tubuh akan lelah di sore hari dan Anda mudah sekali mengalami kantuk. Selama ini beberapa wanita hamil jarang melakukan aktivitas karena takut mengganggu kehamilannya. Akhirnya mereka malah jadi pasif dan tubuh mengikutinya.

  1. Memakai pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dan bersih. Wanita hamil sangat sensitif dengan banyak hal. Kalau pakaian yang digunakan terlalu kotor, tubuh akan mudah gatal dan akhirnya mengganggu tidurnya yang nyenyak.

Sebisa mungkin untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Sebelum tidur disarankan untuk mandi lalu menggunakan pakaian. Bersihkan juga kamar tidur sehingga saat jam tidur tiba, Anda bisa segera tidur dengan nyenyak tanpa ada gangguan lagi.

Inilah beberapa ulasan tentang cara mengatasi insomnia yang terjadi pada wanita hamil. Dengan melakukan beberapa hal di atas, Anda bisa dengan mudah tidur meski kondisi perut terus membesar. Semoga kehamilan yang Anda alami berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.