Sering Insomnia Karena Memikirkan Sesuatu, Berikut 7 Solusinya

susah-tidur-karena-sering-kepikiran-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com -Pernahkah Anda sudah merasa mengantuk dan ingin tidur, tapi pikiran tidak mau berhenti berpikir. Bahkan, karena tidak mau berhenti berpikir, tubuh mengalami gangguan. Anda jadi tidur larut malam atau pagi karena pikiran baru kosong dan tenang setelah Anda benar-benar lelah secara fisik.

Nah, mengalami kondisi di atas sesekali atau dua kali saja mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, kalau sampai mengalaminya setiap hari, kualitas tidur akan mengalami penurunan yang cukup besar. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa solusinya di bawah  ini.

Solusi atasi gangguan tidur karena sering kepikiran

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan kalau Anda sering kepikiran sesuatu saat malam hari dan pikiran susah untuk disuruh berhenti dan beristirahat.

  1. Redupkan lampu yang ada di kamar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh segara masuk ke fase tidur adalah dengan meredupkan lampu. Jangan menggunakan lampu yang terlalu terang kalau sedang tidur. Anda bisa mematikan lampu utama dan memasang lampu tidur dengan warna lebih redup dan memberikan efek tenang.

Dengan suasana yang lebih nyaman, Anda bisa lebih menikmati waktu istirahat. Mata tidak akan lelah dan kesadaran akan menurun perlahan-lahan. Kalau lampu tetap menyala, kesadaran akan tetap tinggi dan Anda terjaga hingga tubuh benar-benar lelah dan tidur dengan sendirinya.

  1. Jauhkan gadget yang mengganggu

Ada kalanya gangguan tidur muncul karena Anda dekat dengan ponsel dan juga laptop. Jadi, keinginan untuk memainkan dua perangkat itu semakin besar. Cahaya dari laptop dan ponsel bisa membuat Anda jadi susah mengantuk dan selalu terjaga sehingga berjam-jam pun memandang benda itu kantuk akan susah sekali keluar.

Lebih lanjut Anda yang bekerja dengan dua perangkat itu, rasa tidak nyaman akan sering muncul. Misal takut mendapatkan email dari atasan atau klien yang meminta revisi. Selanjutnya kalau Anda bekerja sebagai penulis atau desainer, kadang ide yang baru muncul atau pertanyaan yang seharian dipikirkan muncul jawabannya. Hal-hal seperti inilah yang bisa membuat Anda jadi susah tidur.

  1. Mandi yang bersih dan relaksasi

Mandi yang bersih setiap mau tidur agar tubuh menjadi lebih segar. Kalau Anda masih memiliki tubuh dan pakaian kotor, peluang tidur nyenyak akan kecil. Belum lagi kalau terasa sangat gatal dan mengganggu. Mandilah sebelum tidur dengan air hangat agar tubuh bisa sedikit relaksasi.

  1. Anda bisa menenggak teh herba dahulu

Kalau Anda masih butuh ketenangan, Anda bisa menenggak teh herbal yang memberikan efek menenangkan. Manfaatkan me time ini dengan maksimal agar beban dan pikiran yang mengganggu bisa dieliminasi perlahan-lahan.

  1. Melakukan yoga atau olahraga lainnya

Lakukan yoga dan olahraga kalau ingin mendapatkan tidur yang nyenyak. Terkadang kita harus membuat tubuh menjadi lelah dengan berolahraga dahulu. Setelah itu aliran darah akan berjalan dengan baik dan Anda mudah terlelap.

  1. Sebisa mungkin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Pekerjaan yang tertunda atau tidak dikerjakan dengan maksimal akan membuat Anda jadi kepikiran. Akhirnya saat malam hari pun, pikiran tetap aktif untuk memikirkan hal itu. Kekhawatiran dengan pekerjaan membuat tidur jadi terganggu hampir setiap harinya.

Sebisa mungkin untuk mengerjakan semua tugas atau pekerjaan hingga selesai setiap harinya. Kalau pekerjaan ada banyak buatlah target jangka pendek hingga semuanya selesai. Jangan semua hak dipikir menjadi satu karena bisa membuat Anda jadi kepikiran sendiri dan akhirnya tidak bisa tidur dengan tenang.

Satu lagi, kecuali pekerjaan benar-benar urgent dan tidak bisa ditinggal, jangan sesekali memboyongnya ke rumah. Pekerjaan hanya boleh dilakukan di kantor saja Begitu sampai rumah Anda hanya boleh melakukan istirahat dengan maksimal dan berkumpul dengan keluarga.

  1. Melakukan latihan pernapasan

Lakukan latihan pernapasan dengan baik. Anda tidak perlu ikut sanggar atau sejenisnya. Cukup aturan napas perlahan-lahan agar berjalan dengan pelan. Lakukan dalam kondisi yang relaks sehingga Anda jadi mudah mengantuk dan tubuh jadi mengalami penurunan kesadaran.

Pengaruh tidur pada produktivitas seseorang

Tidur adalah aktivitas yang paling krusial untuk tubuh. Itulah kenapa kita disarankan untuk tidur selama 6-8 jam sehari. Dengan waktu yang cukup panjang ini tubuh akan beristirahat baik secara fisik maupun pikiran. Tanpa istirahat yang cukup, tubuh akan mengalami gangguan yang cukup besar dan menyebabkan produktivitas menurun.

Misal Anda tidur hanya selama 3-4 jam sehari. Saat sedang bekerja tentu kondisi lemas dan mengantuk akan datang begitu saja. Selain lemas dan mengantuk, Anda akan susah berkonsentrasi dengan pekerjaan. Apa saja yang dilakukan bisa kacau atau tidak maksimal karena energi yang dimiliki tubuh akan anjlok.

Selain tidak bisa konsentrasi dengan maksimal, seseorang akan mengalami gangguan pada pola makannya. Dengan kondisi insomnia yang berlebihan, apa saja akan dimakan oleh seseorang agar tidak lemas. Kalau sedang stres berlebihan, makanan juga akan menjadi pelampiasan dan berpotensi menyebabkan obesitas.

Mulai dari gangguan tidur, stres, pola makan yang buruk, hingga obesitas, tubuh akan terus memburuk keadaannya. Bahkan, peluang seseorang mengalami kondisi seperti diabetes akan besar. Jadi, jangan sesekali menyepelekan tidur. Kalau Anda susah tidur nyenyak setiap saat, coba cara di atas dengan baik.

Dari ulasan di atas kita bisa tahu kalau kualitas tidur dari seseorang ternyata memengaruhi banyak hal dari kehidupannya. Oleh karena itu, seseorang harus mampu melakukan apa pun agar tidurnya cepat, nyenyak, dan berkualitas setiap hari. Kalau bisa melakukan itu, kehidupan akan berjalan dengan lebih produktif dan juga lancar.