Inilah Penyebab Rasa Lapar Hilang Saat Melakukan Hal yang Menyenangkan

lupa-makan-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Anda pasti pernah melakukan suatu hal yang cukup mengasikkan sehingga lupa makan, benar begitu? Ya, hal-hal mengasikkan seperti bermain game, membaca buku, nonton film, atau nongkrong bersama teman memang sering membuat kita menjadi tak lapar walau dilakukan berjam-jam sekalipun. Nah, tahukah Anda mengapa hal tersebut bisa terjadi? Apakah ada penjelasan medis di balik fakta tersebut?

Photo Credit : pexels.com

Perlu diketahui sebelumnya, rasa lapar tersebut sebenarnya tidak hilang, melainkan teralihkan oleh raktivitas yang mengasikkan tersebut. Dikutip dari jurnal Physiology and Behavior 2016, ada sebuah hormon di dalam tubuh seseorang yang bisa mentransfer hasrat atau rasa ingin makan kepada otak. Hormon tersebut bernama hormon ghrelin.

Hormon ghrelin sendiri dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diserap oleh tubuh. Semakin banyak tubuh mendapatkan nutrisi maka semakin kecil pula informasi yang ditransfer ke otak. Nah, nutrisi itu sendiri bisa didapakan dengan makan atau minum. Maka dari itu, saat selesai makan, seseorang akan kehilangan rasa lapar karena hormon ghrelin tak mengirimkan sinyal lagi kepada otak.

Hormon ghrelin diproduksi dalam perut dan usus dua belas jari. Saat sedang diproduksi, hormon ini bisa menembus dinding otak darah dan langsung mengirimkan pesan kepada otak untuk membangkitkan rasa lapar. Nah, saat sedang melakukan aktivitas yang mengasikkan, tentunya otak menjadi riang dan sangat nyaman. Maka dari itu, pesan yang disampaikan oleh hormon ghrelin tidak bisa masuk ke dalam otak yang mengakibatkan seseorang menjadi tidak lapar sama sekali.

Tapi setelah aktivitas tersebut selesai, maka pesan yang pending tadi akan segera terkirim dan akan membuat Anda menjadi sangat lapar dan bisa mengganggu lambung. Maka dari itu, ada baiknya saat melakukan hal yang mengasikkan didampingi dengan makanan ringan atau camilan sehat, seperti buah-buahan agar Anda tidak memicu terjadinya gangguan pada lambung.