Terbit: 20 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita sangat suka mengenakan rok atau celana yang berukuran mini. Selain dapat menunjukkan bentuk tubuh mereka yang seksi, model pakaian tersebut juga nyaman untuk dipakai. Tentunya, jenis pakian rok sangat cocok dan terlihat lebih menarik jika dikenakan oleh wanita dengan betis mungil. Lantas, bagaimana jika dikenakan oleh wanita yang memiliki betis besar? Tentunya kurang cocok.

Inilah Penyebab Betis Menjadi Besar dan Cara Mengatasinya

Photo Credit : pexels.com

Untuk itu, kebanyakan wanita akan berusaha menghindari hal-hal yang mereka yakini dapat membuat betis semakin besar. Salah satunya adalah olahraga lari. Kenapa demikian? Sebab, banyak wanita menganggap bahwa lari adalah olahraga yang dapat menyebabkan betis semakin besar dan berotot.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa olahraga apapun yang dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan, akan menciptakan proporsi tubuh yang sehat dan ideal, termasuk lari. Oleh sebab itu, jika Anda menganggap bahwa olahraga lari dapat menyebabkan betis semakin besar, Anda salah besar karena hal itu hanya mitos belaka. Dan justru malah kebalikannya, olahraga lari mampu membuat betis mungil dan sesuai dengan proporsi tubuh Anda.

Lalu, hal apa saja yang bisa menyebabkan ukuran betis menjadi semakin besar? Dan bagaimana caranya supaya betis Anda tidak menjadi besar? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Pola makan dan diet salah

Pola makan dan diet Anda yang salah juga dapat menyebabkan betis menjadi besar. Ini terjadi akibat sisa lemak yang menumpuk pada betis yang tidak bisa dibakar dan diolah menjadi energi. Untuk itu, Anda harus mengatur pola makan dan memilih diet yang benar agar lemak yang ditimbun tubuh Anda tidak semakin banyak.

2. Langsung duduk setelah melakukan olahraga

Ini umum dilakukan oleh sebagian besar orang jika setelah mereka selesai berolahraga, mereka akan langsung duduk karena kelelahan. Hal ini justru akan menyebabkan betis menjadi semakin besar. Selain dapat menyebabkan betis menjadi besar, duduk atau menekuk kaki setelah berolahraga juga akan menimbulkan varises. Jadi, luruskanlah sejenak kaki Anda setelah berolahraga untuk menghindari masalah tersebut.

3. Sepatu dan sandal hak tinggi

Tidak ada yang salah dengan kedua benda tersebut. Namun, jika Anda terlalu sering menggunakan sepatu atau sandal yang memiliki hak terlalu tinggi, betis Anda akan menjadi besar karena betis akan senantiasa menegang untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda. Oleh sebab itu, kurangi penggunaan sepatu dan sandal berhak tinggi untuk menghindari membesarnya bentuk betis Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi