DokterSehat.Com– Lordosis adalah sebuah kelainan yang terjadi pada tulang belakang, yang mana bagian punggung bawah memiliki kelengkungan berlebihan ke arah dalam. Walau terkesan tidak berbahaya, tapi penyakit ini cukup menyiksa dan membuat gerak seseorang menjadi terbatas. Lordosis sendiri bisa diderita oleh semua kalangan usia dan jenis kelamin.

doktersehat-bola-gym

Bagi penderita penyakit lordosis, sangat tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang cukup berat karena bisa menimbulkan efek nyeri pada daerah tulang belakang dan punggung bawah. Bahkan parahnya lagi, jika dipaksakan bisa menyebabkan kerusakan syaraf.

Untuk itu, bagi Anda penderita lordosis namun masih ingin melakukan latihan atau olaraga, berikut adalah beberapa jenis latihan yang aman dilakukan dan diklaim juga bisa menyembuhkan.

1. Latihan Otot Perut dan Pinggang

Latihan otot perut dan pinggang adalah salah satu jenis latihan yang aman dilakukan bagi penderita lordosis. Selain itu, latihan ini juga bisa menjaga kestabilan tulang belakang saat adanya pergerakan tungkai dan lengan. Dengan membiasakan latihan perut dan pinggang secara rutin, lordosis yang Anda alami dapat berangsur sembuh. Namun, jangan pernah melakukan terlalu berat, lebih baik bertahap tapi rutin.

2. Menggunakan Bola Gym

Dalam dunia kebugaran, ada sebuah alat yang menyerupai bola yang namanya bola gym. Biasanya, bola ini digunakan untuk latihan tertentu pada perut dan punggung. Nah, dengan begitu, tentu saja bola ini sangat bermanfaat bagi penderita lordosis. Dengan menggunakan bola gym, Anda dapat memposisikan panggul pada posisi normal. Selain itu, Anda juga bisa menguatkan otot punggung belakang dengan cara yang aman.

3. Latihan Otot Perut

Latihan otot perut memang sering dilakukan bagi orang yang ingin mendapatkan bentuk perut maksimal. Tapi, ternyata latihan ini juga memiliki manfaat yang baik untuk penderita lordosis. Latihan ini bisa meningkatkan kekuatan otot perut yang akhirnya menstimulasi perbaikan otot panggul. Sebab, jaringan panggul dan perut saling berdekatan sehingga semakin baik keadaan otot perut, akan berimbas pada otot panggul.