Inilah Jenis-Jenis Processed Meat yang Harus Anda Tahu

sosis-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Roberto Galarza Richle

DokterSehat.Com– Tahukah Anda apa itu processed meat? Ya, seperti namanya processed meat adalah berbagai olahan daging yang melalui pemrosesan sebelum kita mengonsumsinya. Kerap kita anggap tidak bermasalah, nyatanya processed meat adalah jenis daging yang harus dibatasi konsumsinya.

Processed meat umumnya diolah untuk memberikan variasi konsumsi daging. Namun pada proses pengolahannya berbagai bahan tambahan kerap ditambahkan berbagai bahan misalnya lemak, garam, gula atau bahan kimia pengawet lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan processed meat menjadi harus dibatasi asupannya. Lalu, apa sajakah processed meat itu?

1. Sosis

Anda gemar mengonsumsi sosis? Sosis merupakan processed meat yang cukup banyak dikonsumsi. Sayangnya kandungan garam dan lemak jenuh pada sosis yang cukup tinggi membuatnya tidak boleh kita konsumsi berlebihan.

2. Cold cuts

Daging ini umum ditambahkan dalam olahan roti sandwich atau salad. Cold cuts adalah olahan daging yang diproses dan diberi bumbu tertentu yang kemudian dirisi tipis dengan ukuran cukup lebar. Olahan ini mengandung cukup banyak bumbu, gula dan zat kimia.

doktersehat-nugget

3. Nugget ayam siap saji

Meskipun rasanya gurih dan nikmat, nugget ayam kemasan siap saji memiliki kandungan natrium dan sodium yang cukup tinggi.

4. Daging kering atau dendeng

Pembuatan dendeng pada umumnya menggunakan cukup banyak bumbu, baik gula, garam, lemak dan rempah-rempah. Hal ini memang baik untuk masa simpan makanan. Namun dendeng merupakan processed meat yang harus dibatasi asupannya.

5. Daging kalengan

Seperti yang kita ketahui, makanan kaleng tentu menggunakan bahan tambahan pada produknya sehingga daging kalengan juga termasuk processed meat.

6. Daging hamburger

Daging hamburger diproses terlebih dahulu dan diberi berbagai tambahan bumbu. Hal ini yang membuat konsumsi daging hamburger harus dibatasi, ya.

Nah, itu dia enam jenis processed meat yang perlu kita ketahui. Kini sebisa mungkin kita mengurangi konsumsi processed meat, ya.