Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 7 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Air putih memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Air putih merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat baik jika mengonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas per hari. Saat ini, air putih bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan dijadikan sebagai minuman sehat, yakni infused water.

Inilah Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Infused Water

Photo Credit : pexels.com

Infused water merupakan air putih yang dicampur dengan potongan buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk, lemon, kiwi, dan sebagainya. Minuman ini dianggap sebagai minuman sehat karena dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Selain dapat menurunkan berat badan, infused water juga diklaim sebagai minuman yang bermanfaat sebagai sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh, serta sebagai anti penuaan.  Maka tak heran jika infused water merupakan minuman yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan, terutama anak muda.

Namun, di balik manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meminum infused water, ternyata juga ada efek samping yang tersembunyi di dalamya. Efek samping tersebut bisa Anda rasakan saat meminum infused water secara berlebihan. Berikut adalah beberapa efek samping dari terlalu sering mengonsumsi infused water.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Meningkatnya Asam Lambung

Efek samping yang pertama adalah meningkatkan asam lambung bagi Anda yang sedang menderita asam lambung atau GERD. Hal ini terjadi karena infused water yang dicampur dengan potongan lemon memiliki rasa asam yang akan membuat asam lambung semakin parah.

Erosi Gigi

Lemon yang terdapat didalam infused water memiliki rasa asam yang akan menimbulkan erosi gigi jka terlalu sering dikonsumsi. Akibat dari erosi gigi tersebut, gigi Anda akan menjadi lebih sensitif terutama saat sedang mengonsumsi makanan panas dan dingin. Seperti yang Anda ketahui bahwa gigi terbentuk dari kalsium. Kalsium tersebut akan mudah larut jika bereaksi dengan asam. Jadi, sebaiknya Anda segera meminum air putih setelah meminum infused water agar zat asam yang tersisa tidak mengikis gigi.

Perut Menjadi Mulas

Terlalu sering mengonsumsi infused water juga dapat menyebabkan perut menjadi mulas. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi di New York, Jackie Ballau yang mengatakan bahwa mengonsumsi infused water terlalu banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam dada. Asam dari lemon yang bereaksi dengan asam lambung akan menyebabkan perut terasa mulas. Apalagi jika infused water diminum pada pagi hari sebelum sarapan, maka rasa mulas pada perut akan semakin hebat dan memicu timbulnya penyakit maag.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi