Terbit: 21 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan hanya olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, tapi tidur secara teratur juga termasuk salah satu syarat utama bagi kesehatan manusia. Setiap orang dianjurkan untuk tidur 8 jam pada malam hari dan menambah tidur siang setidaknya 1 jam. Hal tersebut dikarenakan seluruh organ pada tubuh Anda perlu istirahat untuk dapat bekerja lebih maksimal.

Inilah Efek Buruk Pada Otak Jika Anda Kurang Tidur

Photo Credit: pexels.com

Selain itu, tidur juga sangat baik bagi kesehatan otak. Bisa Anda rasakan sendiri, setelah tidur cukup lama, maka konstentrasi serta daya pikir akan menjadi lebih segar, bukan?

Namun, sayangnya tidak sedikit orang saat ini yang mengabaikan tidur karena gaya hidup yang kurang baik. Seperti diketahui, gaya hidup orang di era digital saat ini sangat suka menghabiskan waktu pada hal-hal yang kurang baik, misalnya lembur pekerjaan atau begadang bersama teman yang mengakibatkan kebiasaan dan mengidap insomnia.

Menurut hasil penelitian, tidur adalah hal yang fatal bagi kehidupan manusia. Efeknya bisa dirasakan langsung, berbeda dengan tidak makan maupun tidak olahraga. Jika Anda memiliki pola makan tidak baik serta jarang berolahraga, maka Anda akan merasakan dampaknya secara perlahan. Tapi, saat Anda kurang tidur, maka Anda akan merasakan dampaknya saat itu juga. Jika dibiarkan, maka risiko terkena penyakit ganas pun tak dapat dihindarkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Salah satu hal yang ditakutkan oleh para ahli tersebut adalah melambatnya kognitif seseorang jika sering kurang tidur. Kognitif tersebut bisa memengaruhi kinerja otak. Maka tak heran jika banyak sekali kasus seperti ini terjadi karena kurang tidur. Jika diteruskan seperti itu, tidak menutup kemungkinan seseorang akan mendapatkan gangguan otak yang cukup berbahaya.

Saat otak sudah terganggu, maka akan menghantam psikologis juga. Semakin terganggunya psikologis manusia, maka semakin besar pula kemungkinan mengidap penyakit kejiwaan. Maka dari itu, jangan pernah menunda waktu tidur Anda. Sebab, kualitas dan kuantitas tidur sangat penting untuk kesehatan Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi