Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain berhubungan seks, berciuman juga merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh hampir setiap pasangan untuk menunjukkan rasa sayang. Aktivitas sederhana ini sering dilakukan, terutama pada saat sedang melakukan foreplay atau rangsangan sebelum melakukan hubungan seks. Hal ini dikarenakan ciuman dianggap mampu membangkitkan gairah seksual pada pasangan.

Inilah Bahaya French Kiss dengan Seorang Perokok Aktif

Ada banyak jenis ciuman namun  pada umumnya ciuman yang dilakukan kepada pasangan adalah jenis ciuman French kiss yaitu ciuman yang melibatkan mulut dengan mulut. Tidak hanya itu, ciuman ini juga bisa divariasikan dengan memainkan organ lain di dalam mulut seperti lidah dan gigi.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berciuman memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperbanyak produksi hormon oksitosin dalam darah yang sangat baik dalam meningkatkan keintiman dengan pasangan.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ciuman juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan, terutama jika pasangan Anda adalah seorang perokok aktif. Hal ini disebabkan karena merokok merupakan aktivitas yang menggunakan organ mulut untuk mengisap asap rokok. Seperti yang Anda ketahui bahwa rokok sangatlah berbahaya karena mengandung zat yang dapat membahayakan tubuh. Dengan demikian, mulut, gigi, dan lidah sangat mungkin terpapar dengan racun yang berasal dari rokok tersebut.

Efek dan bahaya berciuman muncul ketika mencium seseorang yang memiliki bakteri dan kuman di dalam mulutnya. Hal ini dikarenakan beberapa penyakit bisa ditularkan melalui air liur dan luka kecil di mulut seperti sariawan. Berciuman dengan pasangan yang seorang perokok dapat meningkatkan risiko pertukaran bakateri dan kuman tersebut, karena mulut maupun organ lain di dalam mulut seperti gigi, gusi, dan lidah seorang perokok adalah tempat bersarangnya ribuan racun yang berasal dari rokok yang mereka hisap.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Risiko pertukaran bakteri dan kuman juga semakin diperbesar apabila pasangan Anda sedang sariawan dan terdapat luka pada gusi. Hal ini dikarenakan luka seperti sariawan melibatkan kontak dengan jaringan yang terbuka  dan berpotensi ada darah yang ikut tercampur.

Selain itu, bahaya berciuman dengan perokok adalah menambah risiko kerusakan pada gigi. Seorang perokok aktif memiliki bakteri Streptococcus dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan yang non-perokok. Maka, saat berciuman, bakteri tersebut juga ikut ke dalam mulut pasangan dan bisa jadi dapat merusak gigi pasangan juga.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi