Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh agar mendapat kesehatan jasmani dan rohani. Olahraga sendiri sering dianggap sebagai salah satu kunci sehat yang sangat disarankan untuk setiap orang, pria maupun wanita.

Inilah Alasan Mengapa Wanita Harus Rajin Olahraga dari Usia Muda

Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang enggan berolahraga dengan berbagai alasan, misalnya karena kesibukan kerja. Padahal, menurut hasil penelitian yang dikutip dari laman Cosmopolitan, mengatakan bahwa sebagian besar orang, khususnya wanita harus tetap menjaga jadwal olahraga, tidak hanya penampilan saja. Sebab, penampilan sifatnya semu, sedangkan kesehatan sangat mahal harganya.

Dari penelitian tersebut pula didapatkan hasil bahwa tidak sedikit wanita yang sangat menyesal di hari tua akibat tidak menjaga kesehatan selagi mereka muda. Nah, tentunya Anda tidak ingin menyesal di hari tua, bukan? Untuk itu, berikut adalah alasan mengapa wanita harus berolahraga dari usia muda:

1. Mencegah Alzheimer

Setiap orang yang rutin berolahraga dari usia muda pasti memiliki kinerja otak yang lebih baik. Selain itu, semakin baik kinerja otak, maka seseorang akan terhindar dari risiko terkena Alzheimer, khususnya wanita. Sebab, wanita lebih rentan terkena serangan mental karena karakteristiknya adalah seorang yang pemikir. Maka dari itu, wanita muda yang rutin melakukan olahraga akan kebal dengan gangguan mental maupun otak di usia tua nanti.

2. Terhindar kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh setiap wanita. Sebab, tidak sedikit korban yang meregang nyawa akibat penyakit ini. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab kanker payudara bisa dicegah dengan rutin berolahraga. Pasalany, kadar estrogen di dalam tubuh wanita akan menurun ketika rutin berolahraga. Hal tersebut tentunya sangat baik karena risiko kanker payudara akan menurun pula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Meningkatkan gairah seksual

Gairah seksual adalah salah satu penentu dari keharmonisan rumah tangga. Tidak sedikit wanita yang sering merasa enggan untuk melakukan hubungan seksual dan menolak ajakan suaminya. Biasanya, tolakan tersebut diawali oleh gariah yang hilang dikarenakan rasa lelah dan stamina yang tidak prima. Tapi, jika Anda rutin berolahraga sedari muda, maka dapat dipastikan tubuh Anda akan terbiasa dengan aktivitas berat maupun pekerjaan sehari-hari. Selain itu, berolahraga rutin setiap hari juga dipercaya membuat tubuh semakin segar dan mampu memperbaiki hormon sehingga gairah seksual menjadi baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi