Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian besar pasangan suami istri yang baru menikah pasti mengharapkan untuk segera mendapatkan keturunan. Seorang anak yang hadir di tengah keluarga dapat mempererat dan menambah keharmonisan dalam keluarga tersebut. Untuk itu, tak heran jika banyak pasangan suami istri yang mencoba berbagai cara untuk segera mendapatkan keturunan.

Inilah 4 Penyebab Wanita Susah Hamil

Akan tetapi, tidak sedikit pula dari mereka yang sulit untuk mendapatkan keturunan dikarenakan beberapa faktor yang terlihat sepele namun justru memperkecil peluang untuk hamil, diantaranya:

1. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan dan juga dapat meningkatkan kesuburan terutama pada wanita. Akan tetapi, jika Anda sebagai calon ibu terlalu berlebihan saat berolahraga maka akan berdampak buruk pada keseimbangan energi dan siklus reproduksi. Hak tersebut juga dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dalam waktu yang lama dan berlebihan dapat memengaruhi kemampuan wanita untuk hamil.

2. Menggunakan Pelumas Seks yang Salah

Saat melakukan hubungan seksual, wanita akan menghasilkan cairan berupa pelumas alami yang dikeluarkan melalui vagina. Pelumas tersebut berfungsi untuk membantu melancarkan proses penetrasi saat penis masuk ke dalam vagina. Ada sebagian besar wanita yang susah untuk mengeluarkan cairan pelumas karena tidak bergairah. Untuk itu, mereka akan memilih untuk menggunakan pelumas buatan yang didapatkan dari apotik atau swalayan agar proses penetrasi lancar dan tidak terjadi nyeri pada vagina. Namun, penggunaan pelumas yang salah akan menyebabkan wanita sulit untuk hamil. Pilihlah pelumas yang tepat agar peluang kehamilan meningkat.

3. Mengonsumsi Makanan Mengandung Lemak Jauh

Jika Anda ingin segera hamil, hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti junkfood dan sejenisnya karena makanan tersebut akan berdampak buruk bagi kesuburan. Gantilah dengan makanan yang mengandung karbohidrat baik seperti pisang, roti gandum, kacang almon, dan sebagainya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Salah Menghitung Masa Subur

Dalam menghitung masa subur memang akan terasa sulit sehingga dibutuhkan ketelian yang tinggi. Menghitung masa subur sangat penting dilakukan untuk mengetahui kapan Anda harus melakukan hubungan seks. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengitung masa subur, cobalah untuk mengunduh aplikasi penghitung masa subur pada ponsel pintar Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi