Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara mengenai penuaan, tidak ada satu orang pun yang bisa menghindar dari perubahan alami ini. Ya, penuaan memang pasti dialami oleh setiap orang seiring bertambahnya usia. Banyak yang takut dan belum siap mengalami perubahan ini karena beberapa alasan. Namun, apapun alasannya, kita sudah pasti akan mengalaminya suatu hari nanti.

Inilah 3 Tanda Awal Ketika Tubuh Sudah Alami Penuaan

Photo Credit : pexels.com

Yang seharusnya dilakukan adalah bukan takut menghadapinya, tapi mensiasati dan mempersiapkan diri. Sebab, saat penuaan telah terjadi, maka kondisi tubuh tidaklah lagi sama seperti sedia kala. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Selain itu, agar dapat mempersiapkan diri, Anda pun harus tahu apa saja tanda-tanda awal terjadinya penuaan pada tubuh.

Nah, berikut ini adalah 3 tanda awal ketika tubuh sudah mengalami penuaan.

  • Kurang Bertenaga

Boleh saja saat ini tubuh Anda sangat enerjik dan bertenaga. Itu dikarenakan usia Anda masih muda dan tentunya kondisi fisik masih sangat prima. Tapi, ketika Anda sudah merasa bahwa diri kehilangan gairah dan tidak lagi enerjik, bisa jadi itu adalah salah satu tanda awal penuaan. Misal, biasanya Anda kuat melakukan akitivitas pekerjaan seharian, lalu tiba-tiba tubuh merasa pegal dan tidak mampu lagi mengerjakannya. Jika sudah seperti itu, ada baiknya Anda mengurangi kadar kesibukan Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Sulit Tidur

Jumlah waktu tidur seseorang semakin hari semakin berkurang. Saat masih bayi, seseorang akan tidur pulas seharian penuh. Saat dewasa, mereka biasanya tidur siang dan malam. Namun, ketika tubuh sudah mulai menua, maka jumlah dan waktu tidur pun semakin berkurang. Biasanya, jika sudah memasuki awal penuaan, Anda akan menjadi sulit tidur walaupun hingga tengah malam. Dan yang pasti selalu terbangun di waktu subuh (tidur tidak lama).

  • Kulit Kendur

Jika saat ini Anda merasakan ada yang berbeda pada kondisi kulit, misalnya kendur dan sedikit keriput, maka Anda telah memasuki proses awal penuaan. Ada baiknya untuk tetap mengonsumsi makanan sehat agar tubuh tetap prima dan terhindar dari penyakit kulit. Kulit kendur dan keriput merupakan salah satu tanda menua selain rontoknya rambut dan rabunnya penglihatan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi