Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat Anda ingin berolahraga, sangat disarankan untuk memulainya dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dapat membantu Anda terhindar dari kram yang bisa terjadi di saat Anda sedang berolahraga. Kram bisa menyerang tubuh Anda yang ditandai dengan rasa sakit. Selain karena tidak melakukan gerakan pemanasan, kram bisa disebabkan karena kesemutan dan dehidrasi.

Inilah 3 Jenis Kram yang Sering Muncul Saat Olahraga

Photo Credit : pexels.com

Akan sangat mengganggu jika saat Anda sedang menikmati gerakan olahraga namun tiba-tiba kram datang. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda harus mengetahui jenis-jenis kram yang mungin terjadi dan apa penyebabnya, agar Anda bisa mencegah dan menanganinya dengan tepat.

1. Kram Perut

Saat Anda baru selesai makan, lalu Anda memutuskan untuk berolahraga maka perut Anda menjadi sakit. Itu tandanya Anda sedang mengalami kram perut. Kram perut disebabkan karena waktu makan dan olahraga yang terlalu dekat sehingga membuat perut dan otot berebut aliran darah. Eugene Yim, MD, dokter spesialis olahraga dari Newport Orthopedic Institute menyatakan bahwa jika yang menang otot, maka perut menjadi kram, begitupun sebaliknya.

2. Kram Otot Spesifik

Otot memang perlu dilatih dengan cara berolahraga. Namun, saat sedang melatih otot tersebbut Anda mungkin akan mengalami kram. Kram ini terjadi ketika otot berada pada posisi yang sama tanpa bergerak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, hentikan dulu latihan Anda agar otot menjadi rileks. Jangan terlalu memforsir otot Anda untuk bekerja keras agar tidak semakin berbahaya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Kram Betis dan Paha

Kram otot juga bisa terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yag membuat saraf mengirimkan sinyal ke otot sehingga otot berkontraksi menjadi sangat sensitif. Akibat dari otot yang sensitif, maka saat di senggol otot paha dan otot  betis akan mengalami kram. Bila terjadi hal demikian, ada baiknya jika Anda berhenti melakukan latihan untuk sementara dan lakukan peregangan serta minum air putih yang cukup hingga rasa sakit tersebut hilang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi