Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat memang selalu bikin gemas, benar bukan? Setiap orang yang wajahnya muncul jerawat pasti selalu gemas dan ingin memencetnya. Sebab, selain bisa merusak penampilan, jerawat juga kadang memberikan rasa yang tidak enak, seperti sakit, gatal, dan bahkan sensasi panas. Jerawat sendiri muncul ketika folikel tersumbat oleh kotoran, sel mati, dan sebum sehingga terjadi infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada sumbatan itu.

Inilah 3 Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Banyak yang mengatakan bahwa cara mengatasi jerawat yang paling benar adalah dibenarkan dan biarkan hilang dengan sendirinya. Apakah Anda demikian? Perlu diketahui, anggapan tersebut memanglah benar. Sebab, jika sampai Anda memencat atau membuat jerawat tersebut robek, maka wajah Anda akan menjadi rusak karenanya.

Nah, bicara wajah yang rusak akibat memencat jerawat, ternyata ada 3 jenis bekas jerawat yang berbeda. Tahukah Anda apa saja perbedaannya? Berikut diantaranya.

1. Ice Pick Scar

Sesuai namanya, bekas jerawat ini membuat wajah menjadi lubang-lubang sedikit dalam. Sangking dalamnya, lubang ini mencapai lapisan dermis. Bekas jerawat ini adalah salah satu jenis bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Biasanya, Ice Pick Scar terjadi pada wajah bagian pipi, dagu, dan rahang.

2. Boxed Scar

Untuk jenis bekas jerawat yang satu ini termasuk sebagai bekas jerawat yang dialami oleh kebanyakan orang. Berbeda dengan Ice Pick Scar, bekas jerawat Boxed Scar ini tidaklah terlalu dalam, hanya saja ukurannya yang melebar dan lebih banyak. Munculnya bekas jerawat ini dikarenakan kolagen pada jaringan wajah rusak atau hilang akibatnya kulit tidak memiliki tumpuan, sehingga masuk ke dalam layaknya luubang-lubang besar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Hyperpigmentation Scar

Bekas jerawat yang satu ini sering menjadi problem berkepanjangan bagi sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan bekas jerawat ini akan menyebabkan perubahan warna pada kulit wajah. Biasanya warna yang ditimbulkan menjadi merah, bahkan hitam. Untuk perawatannya pun membutuhkan waktu lama, sebab menghilangkan bekas jerawat tidak semudah yang diperkirakan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi