Terbit: 26 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dari berbagai jenis makanan, buah dan sayur adalah salah salah satu jenis bahan makanan yang paling banyak memiliki berbagai jenis warna. Warna pada buah dan sayur yang menarik menjadi suatu daya pikat sendiri untuk banyak orang yang hendak mengolah buah dan sayur. Warna buah dan sayur yang begitu menggoda untuk kita konsumsi. Namun kira-kira apakah ada yang menyebabkan buah dan sayur memiliki begitu banyak warna pada kulit atau daging buahnya?

Ini Zat yang Membuat Buah dan Sayur Memiliki Banyak Warna

Buah dan sayur sering dianggap sebagai simbol makanan sehat. Hal ini disebabkan buah dan sayur merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Buah dan sayur juga merupakan sumber serat paling tinggi yang ada di bahan makanan.

Namun ternyata tak cukup sampai disitu, berbagai warna buah ternyata juga memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Warna pada buah umumnya dipengaruhi oleh pigmen, pigmen tersebut umumnya merupakan zat fitokimia. Menurut pakar kesehatan, Rita Ramayulis, zat fitokimia ini merupakan zat non gizi yang berperan dalam menyempurnakan mekanismel alami dalam tubuh.

Zat fitokimia memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita dari pigmen yang mewarnai kulit buah. Manfaat dari zat fitokimia yang terdapat pada buah dan sayur adalah:

  • Antioksidan
  • Kita tentu sering mendengar bahwa buah dan sayur memiliki fungsi antioksidan. Hal yang menyebabkan buah dan sayur memiliki banyak antioksidan adalah karena buah dna sayur memiliki banyak kandungan zat fitokimia. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu melawan radikal bebas untuk mencegah kanker.

  • Detoksifier
  • Zat fitokimia pada buah dan sayur berfungsi sebagai detoks tubuh yaitu pengeluaran racun tubuh. Buah dan sayur kerap dijadikan sumber bahan makanan untuk diet detoks yang disebut-sebut mampu membersihkan racun pada tubuh.

  • Pengatur hormon dan sel
  • Manfaat lain dari kandungan zat fitokimia adalah dapat mengatur hormon tubuh dan beberapa sel tubuh.

Buah dan sayur ternyata memiliki berbagai manfaat tidak hanya dari kandungan gizinya namun juga kandungan zat non gizi yaitu zat fitokimia. Sepertinya buah dan sayur memang tepat disebut sebagai simbol bahan makanan sehat ya


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi