Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Sama Sekali Tidak Pernah Minum Susu

susu-nabati-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Angelica Bair

DokterSehat.Com– Meski sudah dikenal luas sebagai salah satu minuman yang paling menyehatkan bagi tubuh, dalam realitanya masih banyak orang yang jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah mengkonsumsinya. Tak hanya karena faktor ekonomi, banyak orang yang memang sudah terbiasa untuk tidak minum susu sehingga merasa tidak begitu membutuhkannya. Sebenarnya, apa yang akan terjadi jika kita tidak pernah minum susu?

Kekurangan berbagai nutrisi penting
Susu memiliki berbagai nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh layaknya kalsium, vitamin D, protein, dan berbagai kandungan lainnya. Tak hanya baik bagi kesehatan tulang, susu juga mendukung sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Malas atau bahkan tidak pernah minum susu bisa menurunkan kesehatan dan kekuatan tulang dengan signifikan.

Kulit akan menjadi lebih bersih
Susu dan berbagai produk turunannya yang memiliki protein whey ternyata bisa memicu masalah jerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan insulin dan hormon IGF-1 yang memicu masalah kulit tersebut. Dengan tidak minum susu, maka kulit akan cenderung lebih bersih dan tidak mudah berjerawat.

Berat badan turun
Kita tentu pernah mendengar anggapan yang menyebutkan bahwa minum susu bisa membuat berat badan naik. Memang, kandungan susu berupa lemak dan protein bisa membuat kenaikan berat badan, namun, biasanya hal ini terjadi jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan atau menambah gula pada susu yang kita minum. Tidak minum susu tentu akan membuat kita mengalami penurunan berat badan, dengan catatan, kita juga menerapkan pola makan yang baik.

Perut tidak kembung
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Baylor College pada tahun 2009, disebutkan bahwa 75 persen masyarakat di seluruh dunia mengalami intoleransi laktosa, kondisi dimana tubuh tidak dapat memecah laktosa yang ada dalam susu dan akhirnya mudah mengalami masalah perut kembung. Dengan tidak minum susu, maka kita pun tidak akan mudah mengalami perut kembung atau gejala masalah pencernaan lainnya.