Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Berhenti Minum Soft Drink

doktersehat-minuman-kaleng-bir-soda

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang suka dengan soft drink atau minuman ringan. Minuman ini memang bisa memberikan efek segar, apalagi jika dikonsumsi dalam kondisi yang dingin. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa minuman ringan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan bahan pengawet yang jika kerap dikonsumsi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan layaknya obesitas dan diabetes.

Melihat betapa berbahayanya kebiasaan mengkonsumsi minuman ringan ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk berhenti mengkonsumsinya agar bisa mendapatkan berbagai manfaat sehat berikut ini.

Kadar gula darah menurun
Berhenti mengkonsumsi soft drink akan membuat kadar gula darah menjadi normal kembali. Hal ini tentu akan menurunkan resiko terkena penyakit metabolic seperti obesitas dan diabetes.

Membuat tubuh lebih bertenaga
Kerap mengkonsumsi minuman ringan akan membuat kadar gula darah mudah melonjak dan akhirnya menyebabkan tubuh mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Tak hanya itu, senyawa kimia dalam minuman ringan ternyata memang mempengaruhi proses hidrasi sel yang tentu akan membuat tubuh mudah lelah. Berhenti mengkonsumsinya tentu akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

Gigi dan mulut semakin sehat
Tingginya kandungan gula pada minuman ringan bisa membuat enamel gigi rentan terkena infeksi. Tak hanya itu, bahan kimia pada minuman ini juga akan memicu masalah kesehatan seperti gigi yang menguning atau gigi berlubang.

Menyehatkan pencernaan
Senyawa dalam minuman ringan bisa mengubah keseimbangan pH pada flora usus yang memicu produksi asam dan gas yang berlebihan pada lambung. Berhenti mengkonsumsinya tentu akan mengembalikan kembali kadar pH tersebut.

Mencegah resiko batu ginjal
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa salah satu pemicu utama dari masalah batu ginjal ternyata adalah kebiasaan minum soft drink. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan bahan pengawet pada minuman ini yang sulit untuk dibersihkan oleh ginjal. Mereka yang gemar mengkonsumsi minuman ini akan meningkatkan resiko terkena batu ginjal hingga 2 kali lipat.