Ini yang Terjadi Pada Anak Jika Orang Tua Kerap Merokok di Depannya

doktersehat-rokok-ganja

DokterSehat.Com– Meskipun sudah berkali-kali diperingatkan oleh dokter tentang betapa mengerikannya bahaya merokok bagi kesehatan, dalam realitanya masih banyak orang yang menyepelekannya dan bahkan bisa dengan santai merokok di depan anak kecil, termasuk anaknya sendiri! Padahal, menurut pakar kesehatan, anak bisa mengalami dampak buruk pada kesehatannya jka kerap terpapar asap rokok.

Dilansir dari Huffington Post, sebuah penelitian terbaru menghasilkan fakta bahwa anak-anak yang kerap terpapar asap rokok dari orang tuanya akan mengalami peningkatan risiko terkena penyakit paru-paru saat tumbuh dewasa nanti. Menurut para peneliti, sekitar 75 persen dari kasus penyakit paru obstruktif kronis (COPD) ternyata terkait dengan paparan asap rokok saat masih anak-anak.

Sebagai informasi, penyakit paru obstruktif kronis adalah sekumpulan masalah kesehatan pada paru-paru yang memicu gangguan pernafasan seperti bronchitis kronis atau empisema. Beberapa penyakit lain yang juga terkait dengan masalah kesehatan ini adalah asma, bronchitis, pneumonia, serta eczema.

Dalam penelitian yang dilakukan di Australia dan hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Lancet Respiratory Medicine ini, para peneliti yang berasal dari University of Melbourne mengecek data kondisi kesehatan 2.438 partisipan dari Tasmanian Longitudinal Health Study selama 53 tahun.

Paru-paru para partisipan ini dicek kondisinya secara bertahap saat usianya 7, 13, 18, 45, 50, dan 53 tahun. Hasilnya adalah, mereka yang mengalami masalah penyakit paru obstruktif kronis saat usianya dewasa memang cenderung kerap terpapar asap rokok saat masih anak-anak. Bahkan, disebutkan bahwa anak yang kerap terpapar asap rokok memiliki risiko terkena masalah kesehatan paru hingga 75,2 persen.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya setiap orang tua memang tak lagi merokok di depan anaknya atau bahkan benar-benar berhenti merokok demi kesehatan buah hatinya.