Ini yang Terjadi Jika Kola Dicampur Susu

soda_kola_susu_doktersehat_1
Photo Source: handimania.com

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang suka mengonsumsi soda susu. Minuman ini bahkan disebut-sebut bisa membersihkan paru-paru, namun jika kita cermati, soda dan susu memiliki kandungan gula yang tinggi, apalagi jika susu yang dipakai adalah susu kental manis. Apakah mengonsumsi campuran dari kedua bahan minuman ini bisa berbahaya bagi kesehatan?

Dilansir dari en.goodtimes.my, terdapat sebuah percobaan yang dilakukan dengan cara mencampur soda, tepatnya yang berjenis kola dengan susu cair. Sejumlah susu dimasukkan ke dalam satu botol kola dan kemudian dibiarkan begitu saja selama enam jam. Setelahnya, terlihat jelas bahwa campuran dari kedua minuman ini mengalami perubahan warna yang cukup mengejutkan, yakni berwarna jingga dan lebih jernih, namun cenderung mirip dengan urine manusia.

Di bagian atas dan bagian bawah botol kola terdapat sesuatu yang mengambang dan mengendap. Jumlah endapan dengan warna gelap bahkan sangat banyak dan memenuhi hampir separuh botol. Hal ini disebabkan oleh adanya reaksi dari asam dalam minuman kola dengan asam phosphoric yang ada di dalam susu. Minuman ini terlihat jauh lebih menjijikkan setelah tercampur jika dibandingkan dengan saat kita masih melihatnya dalam kondisi yang terpisah.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi soda susu bisa memberikan manfaat kesehatan, apalagi membersihkan paru-paru. Kita justru akan lebih rentan mengalami kenaikan berat badan atau bahkan terkena diabetes mengingat banyaknya gula yang kita konsumsi akibat kerap mengonsumsi minuman soda yang dicampur susu kental manis.