Terbit: 14 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu sayuran yang bisa dengan mudah didapatkan di berbagai tempat adalah brokoli. Sayangnya, banyak orang, khususnya anak-anak yang cenderung malas untuk mengonsumsinya. Padahal, sayuran yang memiliki bentuk unik ini bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Ini yang Terjadi Jika Kita Rutin Makan Brokoli Setiap Hari

Pakar kesehatan Dr. Rangan Chatterjee yang menulis buku berjudul “The Four Pillar Plan” menyebutkan bahwa brokoli bisa digolongkan sebagai makanan super yang sangat menyehatkan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan sayuran ini dalam menyehatkan tubuh, baik itu fisik maupun psikis.

Jika brokoli yang kita telan memasuki usus, maka saluran pencernaan pun akan segera menyerap serat dan memproduksi asam lemak rantai pendek. Hal ini bisa menjaga keseimbangan bakteri usus, membuat saluran pencernaan menjadi semakin sehat, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Yang menarik adalah, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University Medical School juga menyebutkan manfaat dari mengonsumsi brokoli secara rutin, yakni menurunkan stress, depresi, dan kecemasan. Hal ini disebabkan oleh kaitan antara otak dengan sistem pencernaan tubuh. Jika kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat, maka kesehatan otak dan mental juga akan ikut terpengaruh.

Manfaat lain dari rutin mengonsumsi brokoli adalah kesehatan pada organ-organ tubuh penting seperti jantung dan mata yang semakin meningkat. Bahkan, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan di dalam brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah datangnya kanker.

Mengingat brokoli sangat mudah ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah, jangan ragu lagi untuk sering-sering mengonsumsinya setiap hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi