Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masihkah Anda sering menyisakan atau membuang makanan? Meskipun kerap tidak kita anggap penting, namun food waste ternyata bisa berbahaya dan merugikan, lho. Apa saja efek yang ditimbulkan dari food waste?

Ini Yang Membuat Food Waste Bisa Jadi Berbahaya

Food and Agriculture Organization menyebutkan bahwa makanan yang diproduksi di seluruh dunia, hampir 1/3 bagiannya dibuang sia-sia atau menjadi food waste.

Apa itu food waste?

Food waste ini adalah makanan yang seharusnya masih bisa dikonsumsi namun tidak dimakan dan menjadi dibuang karena berbagai alasan, mulai dari tidak ingin memakannya, tidak suka, porsi yang terlalu banyak, atau merupakan standar kualitas di instansi misalnya, restoran, rumah sakit atau perusahaan makanan.

Lalu apa yang membuat food waste menjadi berbahaya?

Beberapa hal yang membuat food waste berbahaya adalah:

  1. Risiko kontaminasi bakteri
    Sampah makanan umumnya lebih rentan dan berisiko menyebabkan keracunan makanan pada tubuh kita. Sisa makanan yang tidak diolah atau dibuang dengan benar akan menyebabkan meningkatnya risiko makanan yang masih layak terpapar atau terkontaminasi bakteri.
  2. Meningkatkan emisi gas karbon
    Sampah makanan akan memproduksi gas yang akan menambah jumlah emisi gas karbon di atmosfer bumi. Hal ini sedikit banyak akan memperparah pemanasan global hingga memengaruhi iklim.
  3. Food waste merugikan secara ekonomi dan gizi
    Seperti yang kita ketahui, membuang makanan yang masih layak dimakan tentu sangat merugikan, paling tidak secara ekonomi.
    Lebih jauh, jika porsi makanan sudah ditakar sesuai dengan kebutuhan energi tubuh namun tidak kita habiskan, maka tentu asupa gizi dan energi dalam tubuh menjadi tidak tercukupi. Hal ini akan menyebabkan tubuh berisiko mengalami kekurangan gizi.

Nah, itu dia yang menyebabkan food waste sebaiknya tidak kita lakukan, untuk itu ketahui apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencegah terjadinya food waste, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi