Terbit: 18 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi penderita diabetes, asupan makanannya tentu harus diperhatikan. Penentuan seberapa banyak penderita perlu mengonsumsi makanan tidak boleh dilakukan dengan asal karena harus memerhatikan berbagai hal. Kira-kira hal apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan kebutuhan makan penderita diabetes?

Ini Yang Harus Diperhatikan Agar Makanan Penderita Diabetes Tepat

Perhitungan kebutuhan yang tepat, menurut American Diabetes Association, tidak hanya penting untuk menjaga kondisi kadar gula tubuh penderita saja, namun juga dapat mengatur asupan zat gizi lain dengan tepat sehingga risiko terjadinya kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa berkurang.

Kondisi ini tentu sangat baik untuk kondisi kesehatan penderita karena dapat mengontrol diabetesnya serta mencegah penyakit jantung dan hipertensi.

Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja yang dipertimbangkan untuk menentuka makanan yang tepat bagi penderita diabetes. Menurut pakar kesehatan Nikolaos Katsilambros dalam bukunya, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Total kebutuhan energi dan gizi

  2. Poin ini diketahui dengan menentukan jenis kelamin, usia dan kondisi fisik seperti berat dan tinggi badan. Perhitungan energi ini akan menentukan berapa banyak kalori yang perlu dikonsumsi penderita diabetes.

  3. Penggunaan obat

  4. Obat yang digunakan penderita bisa jadi memberikan asupan energi kepada tubuh. Untuk itu perlu diperhatikan jenis obat, kandungan obat atau masa kerja obat.

  5. Pengukuran glukosa tubuh

  6. Jika penderita diabetes kerap mengalami kadar gula yang tidak stabil, baik hipoglikemia atau hiperglikemia, maka hal ini penting diperhatikan dalam menentukan asupan makanannya.

  7. Aktivitas

  8. Energi dikeluarkan tubuh melalui aktivitas fisik seperti berolahraga, membersihkan rumah atau bekerja. Untuk itu penting diperhatikan apa saja kegiatan dan durasi aktivitas penderita diabetes.

Penentuan kebutuhan makanan penderita diabetes tidak sama untuk masing-masing orang, hal diatas berbeda-beda sesuai kondisi individu.

Untuk dapat mengetahui perhitungan yang tepat, berbagai asosiasi kesehatan diabetes dunia menganjurkan untuk penderita diabetes berkonsultasi dengan dokter atau dietitian.

Jika kita akan menentukan atau berkonsultasi tentang kebutuhan makan penderita diabetes, jangan lupa untuk memerhatikan dan menyampaikan tentang 4 hal diatas ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi