DokterSehat.Com– Belakangan ini artikel tentang tips diet menjadi hal yang cukup populer dan dicari-cari oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan masyarakat modern yang kini menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal agar memiliki penampilan yang sedap dipandang.

tips-diet-makan-di-restoran-doktersehat

Tak hanya dengan memilih makanan apa saja yang perlu dikonsumsi atau seberapa banyak porsi makanan yang disiapkan, ada baiknya kita juga memperhatikan waktu makan jika ingin program diet yang dijalankan bisa berhasil menurunkan berat badan. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang menyepelekan waktu makan dan justru memilih untuk melewatkannya karena berpikir jika dengan menurunkan frekuensi makan, maka asupan kalori harian akan berkurang. Padahal, hal ini justru akan membuat kita mudah lapar dan tertarik untuk mengkonsumsi camilan atau makanan yang tidak sehat dengan berlebihan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap makan sesuai dengan kebiasaan. Hanya saja, porsi atau keseimbangan gizi dalam makanan tersebut harus diperhatikan dengan seksama. Selain itu, pastikan untuk mengkonsumsi makan siang di waktu yang tepat, yakni sebelum jam 3 sore karena hal ini akan membantu keberhasilan program diet.

Jika kita kerap menunda waktu makan siang, maka jam sirkadian tubuh bisa terganggu dan akhirnya tubuh tidak benar-benar mengolah kalori dengan baik. Bukannya mengubahnya menjadi sumber energi, hal ini justru akan membuat kalori diubah menjadi tumpukan lemak. Selain itu, telat makan juga akan membuat tubuh mencari alternatif makanan lain untuk mengenyangkan perut. Bukannya menurunkan asupan kalori, hal ini justru akan membuat kita mencari makanan tidak sehat yang kaya akan kalori. Karena alasan inilah ada baiknya kita memastikan untuk sudah makan siang sebelum jam 3 sore.