Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– PMS tentu sangat mengganggu, kadang banyak wanita yang mengatasinya dengan minum obat tertentu, namun ternyata ada lo vitamin yang mampu mengatasi nyeri saat PMS.

Ini Vitamin yang Perlu Dikonsumsi Saat Sedang PMS

PMS atau pre menstrual syndrome umum terjadi akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, hal ini akan menyebabkan gangguan pada saraf sel yang menimbulkan efek PMS.

Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan PMS adalah asupan zat gizi yang tidak terpenuhi. Kekurangan vitamin dan zat gizi tertentu, yaitu vitamin D, kalsium dan magnesium dapat menyebabkan gangguan pada peluruhan sel selama masa menstruasi.

Hal ini tentu dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, kalsium dan magnesium. Namun pemenuhan ketiganya bukan berarti mampu mengurangi risiko rasa nyeri saat PMS.

Pakar kesehatan dan nutrisi dari Jerman, Uwi Grober, menyebutkan dalam bukunya, bahwa asupan vitamin B6 yang cukup sebelum dan selama menstruasi mampu mengurangi rasa nyeri selama masa menstruasi. Beberapa poin yang disebutkan terkait fungsi vitamin B6 dalam mengatasi PMS adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

1. Vitamin B6 mengatur rasa nyeri

Vitamin B6 dapat memengaruhi kerja saraf yang mengatur rasa nyeri. Asupan vitamin B6 yang cukup akan memberikan dampak modulatori yang signfikan pada sistem saraf pusat dan mengirimkan sinyal untuk mengendalikan persepsi rasa nyeri dan perasaan depresi utamanya saat PMS.

2. Dosis vitamin B6

Penelitian menunjukkan bahwa dosis vitamin B6 yang cukup, yaitu 200 mg dalam satu hari akan bermanfaat dalam mengobati nyeri dan gejala-gejala PMS. Pada kondisi tertentu suplemen vitamin B6 dianjurkan namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau dietitian untuk mengetahui dosis yang tepat.

3. Sumber makanan vitamin B6

Makanan yang tinggi akan vitamin B6 adalah hati sapi, kentang, pisang dan kacang-kacangan. Kandungan vitamin B6 dari sumber makanan hewani lebih mudah diserap oleh tubuh.

Nah, itu dia vitamin yang mampu mengatasi nyeri saat PMS. Jadi kini Anda sudah tahu, kan, vitamin apa yang mampu mengatasi PMS?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi