Ini Susu Yang Harus Dipilih Saat Menjalani Diet Rendah Lemak

doktersehat-susu-keju-telur

DokterSehat.Com– Anda sudah tahu rendah lemak? Diet rendah lemak adalah diet yang membatasi asupan lemak, baik jumlah dan pemilihan jenisnya. Diet ini disarankan dilakukan untuk mengatur kadar lemak dalam tubuh. Diet ini disebut sebagai salah satu diet yang bermanfaat untuk kesehatan karena mampu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular berdasarkan hasil penelitian di Yale University School of Public Health Inggris.

Dari namanya kita sudah bisa meraba bahwa jenis makanan yang kita batasi adalah makanan yang berlemak. Umumnya pada diet ini kita dianjurkan untuk mengurangi asupan lemak sesuai dengan perhitungan untuk tubuh kita.

Asupan lemak dikurangi dari segi jumlah dan pemilihan jenisnya. Misalnya menurunkan frekuensi kita mengonsumsi makanan berlemak dan memilih jenis lemak yang banyak mengandung lemak tidak jenuh. Hal tersebut akan mendukung keberhasilan diet rendah lemak.

Dalam penerapan diet rendah lemak umumnya kita terfokus pada makanan yang berminyak saja, namun ada pula bahan makanan berprotein yang tinggi lemak. Bukan hanya pada makanan protein yang sering kita anggap sebagai lauk, seperti ayam atau daging, saja, namun juga pada minuman berprotein yaitu susu.

Berdasarkan panduan diet rendah lemak dari Kementerian Kesehatan RI, pada diet rendah lemak sebaiknya kita menghindari asupanl lemak yang berasal dari pangan hewani. Susu dan produk olahan susu merupakan jenis bahan makanan protein hewani. Sehingga susu sapi biasa sebaiknya diganti dengan produk susu rendah lemak. Kini cukup banyak produk susu kemasan yang rendah lemak.

Tidak hanya pada susu, saat menjalankan diet rendah lemak kita juga harus memerhatikan bahan makanan produk olahan susu seperti keju, susu bubuk dan yoghurt. Meskipun tidak semudah menemukan susu rendah lemak, bahan makanan olahan susu yang rendah lemak kini sudah mulai kian mudah kita peroleh.

Dalam menjalankan diet rendah lemak sebaiknya kita harus memerhatikan asupan makanan dan minuman kita. Hal ini tentu akan mendukung keberhasilan diet rendah lemak yang sedang kita jalankan.