Ini Rahasia Mengapa Orang Okinawa Hidup Lebih dari 100 Tahun

Penduduk-Okinawa-Doktersehat
Source: Blue Zones

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa hanya 20-30 persen dari harapan hidup kita yang dapat ditentukan melalui gen kita? Jika Anda ingin hidup sampai usia 100 tahun, Anda mungkin memerlukan lebih dari sekadar seperangkat kromosom X dan Y yang diturunkan dari orangtua Anda.

Source: Blue Zones

Gaya hidup adalah faktor terpenting dalam menentukan tidak hanya berapa lama Anda hidup, namun kualitas hidup Anda yang panjang. Ternyata orang-orang dari sebuah pulau kecil di lepas pantai Jepang, Okinawa, telah menemukan resep rahasia untuk hidup lebih dari 100 tahun.

Para ilmuwan yang meneliti di Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat dan Kementerian Kesehatan Jepang telah meneliti orang Okinawa yang berusia lebih dari 100 tahun sejak 1976 di Okinawa Centenarian Study (OCS), dan mereka telah mengetahui bahwa ada beberapa ciri-ciri yang sangat khas, ini sangat penting untuk diketahui semua orang terutama usia lanjut.

Berikut 6 rahasia Okinawa bagaimana menjalani hidup agar panjang umur dan produktif, seperti dilansir dari Natural Society.

1. Orangtua Okinawa sering berolahraga baik secara fisik maupun mental.

2. Diet mereka rendah garam, banyak mengonsumsi buah, sayuran, dan mengandung banyak serat serta antioksidan sehingga terhindar dari serangan jantung dan kanker.

3. Meskipun mereka mengonsumsi lebih banyak kedelai (60-120 gram sehari) daripada hampir semua populasi dibelahan bumi, bukan kedelai transgenik yang tumbuh di Amerika Serikat. Kedelai tinggi flavanoid dan menyehatkan bila tidak dimodifikasi secara genetik.

4. Orang Okinawa tidak makan berlebihan. Mereka memiliki latihan yang disebut hara hachi bu, yang berarti “8 bagian dari 10, penuh” Mereka selalu berhenti makan sebelum merasa kenyang, tapi kebanyakan orang sampai merasa kenyang bahkan berlebihan. Ini berarti asupan kalori harian mereka jauh lebih rendah daripada kebanyakan orang —sekitar 1800 kalori. Asupan kalori orang barat kadang-kadang dua kali lebih banyak dalam sehari.

5. Orang Okinawa tidak menderita demensia atau pikun, karena diet tinggi vitamin E yang membantu menjaga otak tetap sehat.

6. Lansia Okinawa dihormati dan dipelihara sebagai aspek integral dari keseluruhan komunitas. Mereka merasa dihargai sebagai individu bahkan seiring bertambahnya usia mereka dan ini hanya bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisiologis mereka. Anggota lansia masyarakat ini mengungkapkan tingkat kepuasan yang tinggi dengan kehidupan mereka.

Ini bukan hanya sesuatu yang terkandung di dalam air di Okinawa, tapi ketika orang Okinawa pindah dari pulau mereka dan menerapkan diet dan gaya hidup barat, mereka tidak lagi menikmati kehidupan yang lebih lama.

Dalam satu generasi kita menghadapi kebiasaan buruk, rentang hidup mereka semakin pendek. Tingkat serangan kanker dan jantung hampir dua kali lipat.