DokterSehat.Com– Sebelum menstruasi, kaum hawa kerap mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti PMS yang memicu kram perut, perubahan suasana hati, atau gejala lainnya. Selain itu, banyak pula wanita yang mengeluhkan datangnya flu atau demam sebelum fase haid tiba. Apa sebenarnya penyebab dari munculnya masalah kesehatan ini?

doktersehat-sakit-peut-mens-pms

Dalam realitanya, fase sebelum menstruasi memang mampu membuat efek samping bagi kondisi tubuh wanita. Tubuh akan terasa mudah lelah dan lemas, otot akan terasa nyeri, nafsu makan akan menurun drastis, perut akan terasa kurang nyaman sehingga memicu mual dan muntah, atau bahkan tubuh yang menggigil.

Berbagai gejala yang mirip dengan flu ini ternyata disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh wanita, tepatnya hormon prostaglandin. Hormon yang dilepaskan sebelum dan saat fase menstruasi ini akan berada dalam kondisi sangat banyak dan menyebabkan berbagai gejala kesehatan tersebut. Untungnya, begitu fase menstruasi selesai, kadar hormon prostaglandin akan berangsur menurun dan kondisi tubuh pun akan menjadi lebih nyaman dari sebelumnya.

Lantas, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan kaum hawa demi mengatasi gejala flu yang berlangsung sebelum fase haid? Pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk mengkonsumsi air putih dengan lebih banyak dan memastikan diri mendapatkan waktu beristirahat yang cukup. Jangan melakukan kegiatan yang terlalu melelahkan karena justru akan membuat tubuh terasa semakin menderita. Selain itu, jangan gunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat karena akan membuat organ vital dan perut bagian bawah menjadi semakin tidak nyaman.