Terbit: 17 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat sedang merasa kedinginan dan kita tidak memakai baju hangat atau yang cukup tebal, maka kita akan mengalami sensasi merinding atau menggigil. Sebenarnya, apa penyebab tubuh merinding atau menggigil saat kedinginan ini?

Ini Penyebab Tubuh Merinding dan Menggigil Saat Kedinginan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa manusia termasuk dalam mahluk homeotermik atau mampu menjaga suhu tubuh meskipun suhu udara di sekitarnya mengalami perubahan dengan cukup ekstrem. Demi menjaga suhu tubuh ini, tubuh perlu menyeimbangkan mekanisme produksi dan pengeluaran panas tubuh. Sebagai informasi, suhu tubuh manusia normal adalah 36,7 derajat Celcius. Yang menarik adalah, jika kita mengalami sensasi dingin di bagian tubuh tertentu, maka aliran suhu panas ini akan mengalir ke bagian tubuh tersebut. Sebagai contoh, aliran panas akan menuju ke bagian tubuh bawah jika kita duduk di lantai keramik yang sangat dingin.

Saat suhu udara sangat dingin dan kita tidak memakai pakaian yang cukup hangat, maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan hormon tiroid dan epinefrina. Hormon-hormon ini mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan cara memecah lemak. Di bawah kulit juga terjadi vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah demi mencegah terlepasnya panas tubuh. Cara lain yang dilakukan tubuh demi mencegah keluarnya panas adalah dengan membuat tubuh merinding atau dalam dunia medis disebut sebagai piloerection.

Saat hal ini terjadi, rambut-rambut halus pada kulit kita akan berdiri agar bisa memerangkap udara dan mencegah panas hilang dari tubuh. Selain itu, otot rangka juga bereaksi dengan suhu udara yang dingin dengan cara melakukan kontraksi ritmis, sesuatu yang kita anggap sebagai menggigil. Kontraksi ritmis inilah yang bisa membantu tubuh memproduksi panas sehingga tetap bisa menjaga suhu udara tetap dalam kondisi normal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi