Ini Penyebab Tubuh Gemetaran Setelah Minum Kopi

doktersehat-kopi-demensia

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam minuman yang digemari oleh banyak orang dan dikenal luas bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, kopi ternyata juga bisa memberikan efek samping tersendiri. Ada orang yang mengaku langsung mengalami masalah asam lambung, perut mulas, atau bahkan peningkatan denyut jantung setelah meminumnya. Bahkan, ada yang sampai mengalami tubuh yang gemetaran setelah minum kopi. Apa penyebabnya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kafein yang ada dalam kopi bisa memberikan efek simultan dan merangsang sistem saraf pusat yang terdapat di otak. Tak hanya akan membuat kita menjadi lebih awas dan waspada, mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan memang bisa membuat tubuh gemetaran. Hal ini disebabkan oleh reaksi tubuh saat merasakan overdosis kafein yang akhirnya berimbas pada kinerja sistem saraf pusat yang jauh lebih keras. Kondisi ini berimbas pada otot-otot tubuh yang bergerak tak terkendali sehingga menyebabkan tubuh gemetaran, khususnya pada bagian tangan dan berbagai bagian tubuh lainnya.

Agar tidak sampai mengalami gejala ini, ada baiknya kita membatasi asupan kafein maksimal 200-300 mg setiap harinya. Jumlah ini setara dengan 2 hingga 4 gelas dalam sehari. Hal ini berarti, jika kita sampai gemetaran setelah minum kopi, cobalah untuk mulai menurunkan kebiasaan menikmati kopi untuk sementara.

Jika kondisi tubuh yang gemetaran ini terus terjadi dan tak kunjung berhenti, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar bisa mendapatkan solusi medis yang tepat dan konsumsilah air putih demi menetralkan kafein yang ada di dalam tubuh kita.