Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun jarang terjadi, dalam realitanya jerawat bisa muncul di bagian kulit yang tidak terduga. Salah satunya adalah di kulit kepala. Adanya jerawat ini membuat kulit kepala akan terasa tidak nyaman, apalagi jika kita harus memakai helm atau penutup kepala lainnya dan ukuran jerawatnya cukup besar. Sebenarnya, apa sih penyebab dari jerawat yang muncul di kulit kepala?

Ini Penyebab Mengapa Jerawat Bisa Muncul di Kulit Kepala

Tersumbatnya kelenjar folikel
Kadangkala, adanya ketombe atau sel kulit kepala yang sudah mati mampu menyumbat kelenjar folikel, kelenjar yang mengendalikan produksi minyak alami yang menjaga kelembaban rambut. Tersumbatnya kelenjar folikel inilah yang menyebabkan munculnya jerawat di kulit kepala.

Stress
Sudah menjadi rahasia umum jika stress bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik. Bahkan, hal ini juga bisa menyebabkan datangnya jerawat pada kulit kepala.

Aktifitas yang padat
Jika kita cenderung sibuk dengan berbagai aktifitas fisik dan kerap terpapar polusi, debu, dan kotoran, maka rambut akan menjadi lebih kotor dan hal ini akan memicu penyumbatan kelenjar folikel dan menyebabkan datangnya jerawat pada kulit kepala. Karena alasan inilah ada baiknya kita mengenakan topi atau penutup kepala saat melakukan aktifitas di luar ruangan.

Tidak menjaga kebersihan rambut dengan baik
Jika kita cenderung malas berkeramas, maka resiko untuk mengalami jerawat di kulit kepala meningkat. Pakar kesehatan menyarankan mereka yang aktif di luar ruangan untuk berkeramas setidaknya 3 kali dalam seminggu demi mencegahnya.

Kurang tidur
Tak hanya menyebabkan jerawat di muka, kurang tidur ternyata juga bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang memiliki  kadar hormon stress berlebihan dan terganggunya proses metabolisme tubuh yang bisa menyebabkan datangnya jerawat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi