Ini Penyebab Mata Belekan Pada Anak

doktersehat-mata-anak

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendapati bayi atau anak Anda mengalami belekan? Belekan merupakan salah satu gangguan mata yang sering dialami oleh balita dan anak-anak. Sebenarnya hal ini cukup normal jika hanya terjadi saat bangun tidur. Namun jika terjadi terus-terusan, belekan bisa menjadi gejala infeksi yang perlu diwaspadai.

Belek atau kotoran mata adalah gabungan dari lendir, minyak, sel kulit dan kotoran lainnya yang menumpuk di mata. Belek sebenarnya bisa muncul kapan saja namun lebih sering diproduksi saat tidur. Saat bayi, belekan bisa terjadi karena tersumbatnya saluran pembuangan air mata. Saluran tersebut berfungsi untuk menghasilkan air mata agar menjaga mata tetap optimal. Saat saluran ini tersumbat, dapat menghasilkan belekan.

Pada usia anak-anak, penyebab belekan lebih beragam, antara lain:

Alergi
Salah satu penyebab mata belekan pada anak adalah alergi. Untuk mengetahui penyebab alergi perlu diketahui dilakukan tes alergi. Namun biasanya belekan dapat disebabkan oleh alergi debu atau zat tertentu. Misalnya saat anak mengalami alergi debu, hidungnya akan mengeluarkan lendir yang membuat mata menjadi merah dan gatal sehingga membuat mata terus menerus mengeluarkan kotoran. Untuk menanganinya, Anda bisa mengompres mata dengan lap yang dibasahi air hangat untuk meredakan gatal pada mata.

Infeksi sinus
Gangguan pada sinus dapat memicu belekan. Salah satu cirinya adalah warna belekan berwarna kuning kehijauan dan lengket. Untuk mengurangi belekan pada mata, gunakan lap basah untuk membersihkannya.

Konjungtivitis
Penyakit konjungtivitis ini adalah penyakit yang sering disebut masyarakat dengan sakit mata. Penyakit ini disebabkan oleh adanya pembengkakan di lapisan bening yang menutupi mata dan kelopak. Konjungtivitis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konjungtivitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Pada konjungtivitis karena bakteri belekan biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan diikuti dengan mata yang kemerahan dan membengkak. Sedangkan pada konjungtivitis karena virus, kotorannya berwarna putih atau jernih pada satu mata dan dapat menyebar pada mata lainnya.

Untuk membersihkan belekan, Anda dapat menggunakan lap berbahan lembut yang dibasahi dengan air hangat, lalu usapkan hati-hati ke daerah mata. Sedangkan untuk penanganan lebih lanjut, hubungi dokter mata Anda.