10 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

doktersehat-bahaya-minum-lemon
Photo Credit: Flickr.com/Rob Bertholf

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap mendengar tips kesehatan yang merekomendasikan air lemon untuk dikonsumsi di pagi hari bukan? Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika air lemon memang sangat baik dalam membantu tubuh menghilangkan berbagai racun dari dalam tubuh. Namun, tahukah anda jika ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan andai kita mengonsumsi air lemon sekitar setengah jam sebelum sarapan pagi?

Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat air lemon yang perlu diketahui untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Selain membantu tubuh membuang berbagai racun, air lemon ternyata juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Air lemon sangat kaya dengan vitamin C yang mampu membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih kuat. Minumlah air lemon ini dengan rutin dan kita pun tidak akan mudah jatuh sakit.

2. Membantu menjaga berat badan

Pakar kesehatan menyebutkan jika air lemon ternyata memiliki kemampuan unik dalam merangsang empedu untuk bekerja dengan lebih baik. Selain bisa membantu pengeluaran racun di dalam tubuh, hal ini ternyata juga mampu membuat fungsi sistem pencernaan lebih lancar. Kondisi ini tentu akan membantu kita menjaga berat badan tetap ideal. Air lemon juga dipercaya bisa membuat kita tidak mudah merasa lapar sehingga kita pun tidak akan khawatir terkena masalah berat badan.

3. Menjaga kesehatan kulit

Rutin mengkonsumsi air lemon membuat kita mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika vitamin C akan mampu membantu kesehatan kulit kita. Rutin meminumnya tentu akan membuat kulit akan sehat, kenyal, cerah, dan bersinar.

4. Mengatasi bau mulut

Rutin meminum air lemon sebelum sarapan pagi diyakini akan membuat kadar keseimbangan bakteri pada mulut tetap terjaga sehingga kita pun tidak akan mudah terkena masalah bau mulut.

5. Mengatasi infeksi saluran kemih

Andai kita mengalami infeksi saluran kemih, maka ada baiknya kita rutin meminum air lemon untuk membantu proses pengobatannya dengan lebih cepat.

6. Menghidrasi tubuh 

Menurut Food and Nutrition Board, kebutuhan asupan air adalah 91 hingga 125 ons. Ini termasuk air dari makanan dan minuman.

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang terkadang tidak menyukai rasanya yang hambar. Solusinya adalah dengan menambahkan air lemon dapat menambah cita rasa air, yang dapat membantu Anda minum lebih banyak.

7. Melancarkan pencernaan 

Beberapa orang minum air jeruk sebagai obat pencahar setiap pagi untuk membantu mencegah sembelit. Minum air jeruk hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan bergerak.

8. Mencegah batu ginjal 

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. UW Health merekomendasikan untuk meningkatkan asupan asam sitrat yang dapat mengurangi risiko Anda mendapatkan batu ginjal baru. Minum air jeruk lemon tidak hanya membantu Anda mendapatkan lebih banyak asam sitrat, tetapi juga air yang Anda butuhkan untuk mencegah batu ginjal.

Mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon menyediakan jumlah asam sitrat sama dengan yang Anda temukan dalam berbagai resep.

9. Sumber vitamin C yang baik 

Buah jeruk seperti lemon kaya vitamin C, merupakan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak.

Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dipublikasikan dalam Stroke menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah, terutama pria gemuk dengan tekanan darah tinggi, memiliki risiko stroke yang lebih tinggi. Vitamin C juga dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang, meskipun penelitian bertentangan.

10. Meningkatkan energi dan suasana hati

Salah satu khasiat air lemon di pagi hari adalah secara efektif dapat meningkatkan energi. Begini cara kerjanya: Tubuh kita mendapatkan energi dari atom dan molekul dalam makanan. Ketika ion bermuatan negatif, seperti yang ditemukan di lemon, masuk ke saluran pencernaan Anda, hasilnya adalah peningkatan alami dalam tingkat energi.

Selain itu, hanya aroma lemon telah ditemukan dapat mengurangi tingkat stres dan membantu meningkatkan mood. Boleh, lho, menawarkan segelas air lemon kepada rekan kerja atau anggota keluarga yang galak!

Nah, itulah 10 manfaat air lemon untuk kesehatan tubuh Anda. Yuk, mulai sekarang rutin minum air lemon, Teman Sehat!