Inilah Manfaat Labu Siam bagi Ibu Hamil

Doktersehat-manfaat-labu-siam

DokterSehat.Com – Labu siam adalah salah satu makanan yang umumnya ada dalam hidangan sayuran. Semua orang bisa mendapatkan manfaat labu siam ini karena banyaknya kandungan mineral dan vitamin di dalamnya.

Buah yang memiliki nama latin Sechium edule ini mengandung air, serat, karbohidrat kompleks, folat, vitamin B, C, E, dan K. Selain itu, khasiat labu siam yang berguna bagi tubuh berkat kandungan kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Melihat banyaknya kandungan labu siam, tentu buah ini baik dikonsumsi oleh semua orang terutama bagi ibu hamil. Sejumlah pakar kesehatan menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi buah-buahan agar tumbuh kembang janin tetap terjaga dengan baik.

Labu siam ternyata termasuk dalam sayuran yang memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yakni sekitar 1,7 gram dalam setiap 100 gram sayuran tersebut. Hal ini berarti, manfaat labu siam yang bisa didapatkan tubuh adalah menyehatkan saluran pencernaan ibu hamil dan mencegah mereka sembelit.

Selain itu, di dalam labu siam ternyata terdapat asupan asam folat sebanyak 93 miligram untuk setiap 100 gram porsi sayuran ini. Kadar asupan asam folat ini sudah memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan harian ibu hamil.

Dengan memenuhi asupan asam folat, maka ibu hamil pun akan menurunkan risiko bayi yang terlahir dengan kondisi cacat dengan signifikan. Tak hanya itu, asam folat juga mendukung perkembangan otak anak agar menjadi lebih cerdas sekaligus menurunkan risiko bayi terkena neural tube defects atau gangguan otak.

Manfaat labu siam lainnya yang bisa didapatkan ibu hamil adalah karena kandungan kaliumnya. Kandungan kalium bisa membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap seimbang, mendukung kinerja otot dan juga simpul saraf yang normal. Kalium juga bisa membuat sirkulasi oksigen menuju otak dan jantung tetap lancar sehingga Anda bisa tetap bugar dan sehat.

Dengan rutin mengonsumsi labu siam, ibu hamil juga akan lebih baik dalam mengatasi masalah tekanan darah tinggi, masalah kesehatan yang cukup berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, khususnya menjelang fase persalinan.

Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan

Meski kandungan serat, protein, dan vitamin pada labu siam lebih rendah dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Namun, buah berwarna hijau ini mengandung beberapa asam amino esensial. Berikut adalah manfaat labu siam yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

  1. Membantu program diet

Manfaat labu siam bagi yang sedang menjalankan diet adalah karena sayuran ini rendah kalori. Selain mengonsumsi labu siam dan makanan rendah kalori lainnya, usahakan untuk berolahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari.

2. Menjaga kadar kolesterol

Karena labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, maka Anda bisa memanfaatkan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol.

3. Menangka radikal bebas

Dipercaya sebagai sumber vitamin C, labu siam adalah buah yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan, zat yang terkandung dalam labu siam diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya pada kanker serviks dan leukimia. Meski begitu, manfaat labu siam sebagai pencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mengatasi anemia

Seseorang yang rentan terkena anemia disebabkan karena kurangnya asupan zat besi. Guna mengatasi anemia, Anda bisa memanfaatkan labu siam karena sayuran ini memiliki zat besi di dalamnya. Kandungan zat besi dalam labu siam dapat membantu hemogloblin mengikat oksigen.

Nah, itulah beberapa manfaat labu siam yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba.