Selain Lezat! Inilah 15 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan

manfaat-jus-alpukat-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu jus yang cukup digemari masyarakat Indonesia adalah jus alpukat. Jus ini memiliki tekstur yang lembut dan terasa enak. Dibalik rasanya yang nikmat ini, jus alpukat ternyata memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat jus alpukat?

Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan hingga Pencehagan Penyakit

Selain lezat dan mengenyangkan, banyak manfaat jus alpukat yang bisa Anda dapatkan untuk menyehatkan tubuh Anda, di antaranya:

1. Memiliki kandungan serat yang tinggi

Manfaat jus alpukat yang pertama adalah dapat mencukupi asupan serat. Pakar kesehatan yang berasal dari Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi yang ada di Universitas Kentucky, Amerika Serikat, menyebutkan jika alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Bila mengonsumsi jus alpukat secara rutin, maka kita akan mendapatkan asupan serat yang bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya layaknya stroke, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung. Kandungan serat dalam alpukat juga diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Bila Anda mengalami sembelit minumlah jus alpukat, karena manfaat buah alpukat dapat mlancarkan pencernaan. Adanya kandungan serat dalam jus alpukat juga akan membuat sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Kita akan terbebas dari berbagai masalah pencernaan layaknya sembelit atau bahkan kanker usus besar.

3. Mampu menjadi bahan detoks alami

Manfaat jus alpukat ternyata bisa dijadikan sebagai bahan detoks alami yang tentu akan membantu tubuh dalam membuang berbagai racun. Dengan rutin mengkonsumsi jus alpukat ini, maka tubuh pun akan lebih fit, lebih bugar, dan lebih sehat.

4. Menurunkan stres

Manfaat buah alpukat dapat membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh, karena alpukatkaya akan kandungan folat. Menurut pakar kesehatan, terlalu banyak homosistein bisa membuat gangguan produksi hormon layaknya serotonin, dopamine, dan juga neropinephrine yang tentu bisa memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, banyaknya hormon homosistein ini bisa membuat kita lebih mudah terkena stress. Karena alasan inilah konsumsi jus alpukat akan mencegah kita terkena stres dan bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

5. Tekanan darah

Kandungan potasium dan folat yang tinggi dalam alpukat dapat membantu mengatur tekanan darah dengan membantu tubuh menghilangkan natrium melalui urine. Manfaat jus alpukat ini akan membantu melindungi tubuh terhadap penyakit peredaran darah, masalah jantung, dan stroke.

6. Menyehatkan mata

Manfaat jus alpukat tidak hanya  membantu menyerap antioksidan, jus ini juga memiliki antioksidan yang kuat. Ini termasuk lutein dan zeaxanthin, yang membantu untuk menetralkan radikal bebas dan penting untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan astigmatisme.

7. Batu ginjal

Alpukan sebagai makanan tinggi potasium, manfaat jus alpukat termasuk membantu mengurangi ekskresi kalsium urine, menurunkan risiko pembentukan batu di ginjal. Kadar potasium yang tinggi dalam jus alpukat adalah mineral utama yang dibutuhkan untuk ginjal yang sehat.

8. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, yang berarti bahwa mereka perlu dikombinasikan dengan lemak untuk dimanfaatkan. Vitamin A, D, E, dan K bersama dengan antioksidan seperti karotenoid adalah beberapa dari mereka yang perlu dikonsumsi dengan lemak. Manfaat jus alpukat memberikan semua lemak sehat secara dramatis dan meningkatkan nilai gizi makanan nabati lainnya.

9. Kanker prostat

Meskipun ada bukti yang terbatas bahwa alpukat mungkin bermanfaat dalam mencegah kanker, satu penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat jus alpukat dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit manusia. Ekstrak alpukat juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Beberapa penelitian di sel-sel yang terisolasi telah menunjukkan bahwa nutrisi jus alpukat mungkin memiliki manfaat dalam mencegah kanker prostat, dan menurunkan efek samping kemoterapi.

10. Otot dan saraf

Alpukat mengandungan kalium tinggi, jadi manfaat jus alpukat dapat membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh, dan membantu dalam aktivitas otot, fungsi saraf, dan metabolisme energi. Salah satu peran utama kalium adalah mengendalikan fungsi saraf dan otot. Kalium, bersama dengan natrium, membantu saraf mengirim sinyal listrik yang diperlukan untuk fungsi sistem saraf.

11. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan. Diketahui bahwa beberapa penanda darah terkait dengan peningkatan risiko kolesterol termasuk, trigliserida, penanda inflamasi, tekanan darah, dan berbagai lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat jus alpukat dapat menurunkan trigliserida darah, menurunkan kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL.

12. Morning sickness

Manfaat jus alpukat adalah untuk wanita hamil yang menderita morning sickness. Vitamin B6 dalam alpukat membantu meredakan mual dan muntah yang terkait dengan kehamilan. Tetaplah sesuai dengan jumlah harian alpukat yang disarankan karena penelitian masih menunggu jumlah yang lebih besar saat hamil.

13. Ulkus perut

Manfaat jus alpukat juga meliputi permukaan hipersensitif yang menenangkan dan menenangkan dari lambung yang teriritasi oleh ulkus atau luka. Jus alpukat ini sempurna untuk perut yang mengalami gejala maag. Nutrisi dan enzimnya yang melimpah juga merupakan obat yang efektif untuk mengobati luka di perut.

14. Bau mulut

Tekstur alpukat yang seperti krim dapat membersihkan mulut saat dikonsumsi, sehingga berfungsi sebagai sikat gigi alami. Manfaat alpukat juga dapat menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang tersangkut di gigi, tenggorokan dan usus, sehingga membantu menghilangkan bau mulut!

15. Mencegah osteoporosis

Setengah dari alpukat menyediakan sekitar 25 persen dari asupan vitamin K yang direkomendasikan setiap hari. Nutrisi ini sering diabaikan, tetapi sangat penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin K biasanya disertai kalsium dan vitamin D ketika ingin mendapatkan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, namun, makan diet dengan vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium urine.

Jadi, sudah tahu kan apa saja manfaat jus alpukat? Yuk, mulai sekarang rutin minum jus alpukat untuk mendapatkan manfaatnya, Teman Sehat!