Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat hamil, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Salah satu buah-buahan yang mengandung banyak gizi adalah buah naga. Apa saja khasiat buah naga bagi ibu hamil?

Ini Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil

Manfaat buah naga bagi ibu hamil

Buah naga dikenal memiliki banyak khasiat termasuk bagi ibu hamil, di antaranya:

1. Memiliki serat tinggi
Saat hamil, bumil kadang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya bumil mengonsumsi buah naga yang memiliki kandungan serat tinggi.

2. Mengandung karbohidrat
Buah naga sebagai sumber karbohidrat dapat menjadi sumber energi Anda sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi buah naga sebagai camilan sehat di antara jeda waktu makan. Karbohidrat yang terkandung dalam buah naga membuat Anda lebih kenyang sehingga mengurangi godaan untuk makan camilan yang tidak sehat.

3. Kaya nutrisi
Buah naga juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti vitamin C, kalium dan vitamin B1 yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Vitamin B1 juga dapat membantu penyerapan protein pada janin. Anda dapat mengonsumsi buah naga dalam bentuk buah potong segar, campuran salad, maupun dalam bentuk jus.

4. Membantu mencegah anemia

Saat hamil kebutuhan zat besi bumil akan meningkat untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Buah naga merah mengandung banyak zat besi yang membantu mencukupi kebutuhan zat besi selama kehamilan.

5. Menjaga tekanan darah ibu hamil
Ibu hamil perlu menjaga tekanan darah selama hamil agar selalu berada dalam angka normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi kehamilan atau merupakan salah satu gejala preeklamsia. Mengonsumsi buah naga sekitar 100 gram per hari dapat membantu Anda menjaga tekanan darah sehari-hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi