Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Asupan makanan yang tinggi natrium umumnya akan meningkatkan tekanan darah. Pada ibu hamil sebisa mungkin tekanan darah dijaga agar tidak terjadi hipertensi. Kondisi hipertensi pada ibu hamil akan menganggu kondisi fisik ibu dan tumbuh kembang janin.

Ini Makanan Tinggi Natrium yang Tidak Disadari Oleh Ibu Hamil

Kebutuhan natrium biasanya kita peroleh dari asupan garam. Sebanyak satu sendok teh garam (4-5 gram) telah memenuhi kebutuhan natrium ibu hamil selama satu hari yaitu sebesar 1500 mg (jika usia ibu hamil 19-49 tahun). Asupan garam ini umum digunakan dalam masakan. Jika asupan natrium dari garam dapur telah terpenuhi dari garam pada maskan maka sebaikya ibu hamil tidak mengkonsumsi bahan makanan lain yang tinggi natrium.

Maka dari itu ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanan yang tinggi natrium sehingga asupan natrium ibu hamil dapat diatur dan tidak berlebihan. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata juga mengandung natrium yang sering dikonsumsi ibu hamil. Beberapa bahan makanan tersebut adalah:

  • Kecap

Kecap sering diolah dalam berbagai jenis masakan yang sangat mugkin dipilih ibu hamil untuk ditambahkan dalam masakan agar tidak menimbulkan rasa mual saat makan. Dalam 2-3 sendok makan kecap terdapat 1000 mg natrium yang sudah memenuhi lebih dari separuh kebutuhan natrium ibu hamil. Penggunaan garam sebaiknya dibatasi jika dalam satu hari ibu sudah menggunakan kecap dalam beberapa jenis masakan/ makanan.

  • Ikan atau daging yang diasinkan

Karena pembuatannya yang menggunakan garam maka ikan asin memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Ikan asin teri kering sebanyak 50 gram (8-10 sendok makan) dapat memenuhi kebutuhan natrium ibu hamil dalam satu hari yaitu 1500 mg.

  • Keju

Keju cukup sering dikonsumsi ibu hamil sebagai produk olahan susu yang kaya kalsium. Meskipun tidak memiliki kandungan natrium sebanyak bahan makanan lainnya di atas. Dalam 100 gram keju (5 lembar keju slice) terdapat 800 mg natrium. Meskipun kandungan natrium di tiap keju berbeda tergantung pada jenis keju dan proses pembuatannya. Umumnya dalam 100 gram keju ada lebih dari 500 mg kandungan natrium yang sudah memenuhi 1/3 kebutuhan natrium ibu hamil.

Bahan makanan di atas perlu diperhatikan agar asupan natrium ibu hamil tidak berlebihan. Jadi apabila ibu ingin mengkonsumsi bahan makanan di atas sebaiknya penggunaan garam pada masakan dibatasi ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi