Ini Lho Makanan yang Tidak Boleh Dipilih Saat Sarapan

Kanker-Mulut-doktersehat

DokterSehat.Com– Saat sarapan kita biasanya akan memilih makanan yang cenderung praktis. Hal ini karena sarapan adalah waktu makan saat pagi yang umumnya kita memiliki waktu yang terbatas karena akan melakukan aktivitas harian. Maka dari itu makanan yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan awal harian adalah yang pembuatannya mudah dan cepat. Namun, sebenarnya dalam menentukan makanan untuk sarapan tidak hanya melihat dari sisi kepraktisannya saja. Ada makanan yang sebaiknya dihindari agar kita dapat merasakan manfaat dari sarapan dengan lebih maksimal.

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung minyak. Hal ini biasanya berasal dari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Menggoreng memang biasanya kita anggap sebagai metode yang paling cepat dalam memasak. Namun asupan minyak yang berlebihan utamanya saat sarapan dapat membuat pencernaan menjadi berat dan metabolisme tubuh jadi terganggu. Sehingga dengan menhindari makanan yang berminyak akan menghindari hal tersebut terjadi.

Beberapa contoh dibawah ini merupakan pemilihan makanan yang umum digoreng saat sarapan. Contoh dibawah ini disampaikan dengan membagi makanan berdasarkan golongan yang diperlukan saat sarapan yaitu karbohidrat, protein dan buah atau sayur. Beberapa bahan makanan yang sebaiknya kita hindari saat sarapan adalah:

  • Karbohidrat yang digoreng misalnya nasi goreng
  • Biasanya makanan karbohidrat yang mendapat pengolahan digoreng adalah nasi atau mie yang diolah menjadi nasi goreng atau mie goreng (bukan mie instan). Meskipun sudah menjadi kebiasaan beberapa orang untuk sarapan dengan nasi goreng namun sebaiknya karbohidrat untuk sarapan tidak disajikan dengan banyak minyak. Pilihan makanan karbohidrat yang tidak digoreng seperti nasi biasa, lontong, atau bubur.

  • Protein/ lauk yang digoreng misalnya ayam goreng, telur goreng, tempe goreng
  • Baik protein hewani (ikan, daging, ayam, telur) ataupun nabati (tempe atau tahu) sering dianggap sangat mudah jika disajikan dengan metode digoreng. Sebaiknya penyajian lauk saat sarapan juga tidak digoreng. Pilihan makanan protein yang tidak digoreng seperti telur rebus atau telur ceplok air.

  • Sayur kuah bersantan
  • Santan termasuk dalam golongan sumber minyak. Sehingga sayur yang disajikan saat santan utamanya yang berkuah sebaiknya dihindari saat sarapan misalnya sayur lodeh santan. Pilihan sayur yang tidak bersantan seperti sup sayur, sayur rebus atau jus sayur.

Dengan pemilihan bahan makanan dan metode masak yang tepat kita akan mendapatkan manfaat sarapan dengan lebih maksimal. Jadi, perhatikan makanan diatas ya agar tidak salah pilih makanan saat sarapan.