Ini Lho Bahaya Pestisida Bagi Tubuh Kita!

pestisida-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Akarsh Simha

DokterSehat.Com– Sayur dan buah adalah makanan yang sehat karena kaya vitamin dan mineral. Produksi sayur dan buah kita yang melimpah semakin memudahkan kita dalam memperoleh sayur dan buah sebagai pilihan makanan yang sehat. Namun tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam proses penanaman dan produksi sayur pestisida kerap digunakan. Padahal kandungan pestisida yang menempel pada sayur dan buah yang kita konsumsi akan berbahaya bagi tubuh.

Berdasarkan buku karangan pakar pertanian, Nunung Nurjannah, disebutkan lima bahaya pestisida bagi tubuh kita yaitu:

1. Menurunkan konsentrasi
Paparan pestisida dapat menyebabkan stamina tubuh menurun sehingga stamina dan konsentrasi juga berkurang.

2. Keguguran
Kandungan pestisida yang menempel pada bahan makanan dapat meningkatkan resiko keguguran spontan pada obu hamil.

doktersehat-hamil-tes-usg
3. Menganggu kehamilan
Pestisida yang ada pada bahan makanan apabila dikonsumsi sejak kehamilan dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin selama dalam kandungan. Residu pestisida pada tubuh ibu dapat meningkatkan risiko kelainan bawaan tertentu selama perkembangan janin.

4. Memengaruhi kecerdasan
Pada anak-anak kandungan pestisida pada buah dan sayur dapat menganggu kecerdasannya.

5. Perubahan hormon
Buah dan sayur yang mengandung pestisida apabila dikonsumsi dalam jangka panjang akan mengakibatkan perubahan hormonal dan sistem reproduksi. Pada laki-laki menyebabkan demasulinisation (hilangnya sifat maskulin) dan pada perempuan menyebabkan definisasion (perubahan orientasi seksual).

organ-intim-kemaluan-doktersehat

Pestisida digunakan untuk membantu selama proses produksi sayur dan buah. Namun apabila kandungan pestisida yang masih menempel pada sayur dan buah kita konsumsi tentu hal ini mendatangkan kerugian apalagi jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang. Maka dari itu penting bagi kita untuk memastikan bahwa buah dan sayur yang kita konsumsi sudah bebas pestisida yang dapat dilakukan dengan mencuci melalui air mengalir. Kalau begitu, jangan lupa mencuci dulu buah dan sayur sebelum kita makan ya.